SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Jadwal Pemeliharaan Minyak Transformator pada PT. PLN GI Banaran Kediri Menggunakan Metode Markov

Andrianto .

Abstrak


ABSTRAK

Andrianto. 2019. Analisis Jadwal Pemeliharaan Minyak Transformator pada PT. PLN GI Banaran Kediri Menggunakan Metode Markov. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Arif Nur Afandi, S.T., M.T., Ph.D.  (II) Aripriharta, S.T., M.T., Ph.D.

Kata Kunci : Jadwal pemeliharaan, DGA dan tegangan tembus, Keandalan, Ketersediaan, Metode Markov

Skripsi ini membahas tentang penjadwalan pemeliharaan minyak transformator pada PT.PLN Gardu Induk Banaran Kota Kediri. Hal ini dikarenakan selama pemeliharaan tahunan, nilai keandalan mengalami penurunan begitu juga dengan nilai ketersediaan minyak transformator. Selain itu berkaitan juga dengan peran transformator dalam penyaluran daya listrik yang sangat penting. Jika terjadi gangguan dapat menyebabkan keandalan transformator menurun. Salah satu gangguan tersebut adalah kerusakan pada minyak transformator. Oleh karena itu diperlukan penjadwalan pemeliharaan minyak transformator secara tepat agar dapat meningkatkan kualitas keandalan pada transformator daya.

Penelitian ini menggunakan metode Markov dalam menganalisis keandalan dan ketersediaan minyak transformator. Hal ini dikarenakan metode Markov mampu meningkatkan akurasi perkiraan secara efektif serta mampu menghasilkan informasi yang dapat digunakan untuk membantu pengambilan keputusan.  Nilai keandalan dan nilai ketersediaan dalam analisis ini diambil dari data hasil uji DGA dengan total dissolved combustible gas (TDCG) serta hasil uji tegangan tembus. Nilai keandalan dan nilai ketersediaan dihitung dengan menggunakan laju kegagalan (λ) dan laju perbaikan (μ) yang didapatkan dari perhitungan MTTF (Mean Time To Failure) dan MTTR (Mean Time To Repair).

Hasil perhitungan disimulasikan menggunakan software Matlab R2014a dan hasil yang didapatkan bahwa keandalan dan ketersediaan minyak transformator mengalami penurunan setiap bulannya. Penurunan paling besar terjadi pada hari ke 180 dalam kurun waktu 365 hari yaitu sebesar 9,844% dan 3,395% untuk TDCG selain itu penurunan untuk tegangan tembus sebesar 32,19 % dan 24,83 %.

Kondisi temperatur minyak transformator pada setiap kali pengujian dalam keadaan over heating atau berada pada kondisi tidak baik. Nilai total keandalan TDCG dan tegangan tembus sebesar 0,378 dalam waktu 365 hari. Sehingga minyak transformator perlu dilakukan pemfilteran. Penjadwalan pemeliharaan minyak transformator sebaiknya dilakukan minimal dua kali dalam 1 tahun atau setiap 6 bulan sekali, supaya dapat memperbaiki kualitas minyak transformator sebagai isolasi transformator dan transformator tidak mengalami gangguan