SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kajian Pelaksanaan Kuliah Workshop Instalasi Tenaga Listrik Di Tinjau Dari Kepuasan Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Universitas Negeri Malang.

Hisyam Romadhon

Abstrak


Kenyataan yang terjadi dalam dunia pendidikan saat ini adalah setelah mahasiswa diterima pada jurusannya masing-masing mereka bisa mendapatkan pelayanan fasilitas jasa pendidikan yang seharusnya bisa membantu mereka dalam proses perkuliahan Workshop Instalasi Tenaga Listrik yang masih terkendala akan belum maksimalnya pelaksanaan kuliah. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan kuliah Workshop Instalasi Tenaga Listrik yang diberikan pihak lembaga, karena sudah seharusnya hal tersebut menjadi pekerjaan bagi perguruan tinggi untuk memperbaiki kekurangan yang terdapat didalamnya sehingga dapat mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa setelah menempuh matakuliah tersebut.

 Hasil penelitian yang dilakukan ini adalah berupa angket keterlaksanaan kuliah dan kepuasan mahasiswa. Apabila keterlaksanaan baik atau tinggi maka tingkat kepuasan mahasiswa sebagai konsumen pendidikan akan semakin tinggi juga. Penelitian ini menggunakan skala linkert dengan empat pilihan jawaban kemudian data dianalisis menggunakan kriteria acuan penilaian, hasil dari analisis tersebut akan ditampilkan dengan menggunakan diagram untuk menampilkan jumlah ataupun presentase secara visual atau gambar.

 Berdasarakan data yang diperoleh menunjukkan bahwa, tingkat keterlaksanaan kuliah Workshop Instalasi Tenaga Listrik Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang adalah “sangat baik” dengan nilai sebesar 95,24%, “baik” 4,76%, “tidak baik” 0.00%, dan “sangat tidak baik” 0,00%. Pada kepuasan diperoleh data, tingkat kepuasan aspek berwujud (tangiables) “sangat puas” dengan nilai sebesar 87,30%, “puas” 12,70%, “tidak puas” 0.00%, dan “sangat tidak puas” 0,00%, tingkat kepuasan aspek kehandalan (reliability) adalah “sangat puas” dengan nilai sebesar 96,83%, “puas” 3,17%, “tidak puas” 0.00%, dan “sangat tidak puas” 0,00%, tingkat kepuasan ketanggapan (responsivences) adalah “sangat puas” dengan nilai sebesar 88,89%, “puas” 11,11%, “tidak puas” 0.00%, dan “sangat tidak puas” 0,00%, tingkat kepuasan aspek jaminan (assurance)  adalah “sangat puas” dengan nilai sebesar 82,54%, “puas” 17,46%, “tidak puas” 0.00%, dan “sangat tidak puas” 0,00%, bahwa tingkat kepuasan aspek empati (empathy) adalah “sangat puas” dengan nilai sebesar 46,03%, “puas” 53,97%, “tidak puas” 0.00%, dan “sangat tidak puas” 0,00%.