SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Metode AHP-TOPSIS dalam Menentukan Kelayakan Calon Penerima Bantuan Siswa Miskin di SMKN 1 Pungging Mojokerto

Fitri Umeidah

Abstrak


AHP-TOPSIS merupakan kombinasi antara dua metode Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yaitu Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS). Integrasi dua metode tersebut digunakan untuk menyelesaikan masalah penentuan calon penerima BSM yang terdapat kendala dalam pengambilan keputusan secara manual.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja AHP dan TOPSIS dalam menentukan calon penerima BSM pada siswa SMKN 1 Pungging. Dengan menggunakan metode dalam membantu proses seleksi calon penerima BSM, maka mampu memberikan rekomendasi calon penerima BSM secara tepat sesuai dengan kriteria yang ditentukan dan proses seleksi menjadi lebih efisien. Tahapan pada penelitian ini yaitu mengidentifikasi masalah pada data yang dimiliki, menentukan tujuan penelitian yang dilakukan, menganalisa teori mengenai metode yang mampu menyelesaikan masalah tersebut, merancang metode yang akan digunakan dalam menyelesaikan masalah sehingga dapat memperoleh hasil penelitian.

Kinerja metode AHP-TOPSIS diukur menggunakan analisis sensitivitas yang bertujuan untuk mengetahui konsistensi metode yang digunakan dalam penyelesaian masalah. Hasil sensitivitas yang diperoleh yaitu memiliki perubahan sebesar 5% dengan 8 kali pengujian pada 50 data uji dan hasil ranking baru yang dihasilkan tidak berubah secara signifikan. Sistem yang dibuat memiliki tingkat kesesuaian ranking terhadap hasil rekomendasi pihak sekolah sebesar 84%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa sistem dapat bekerja dengan baik dalam membantu proses seleksi dan dapat menghasilkan rekomendasi calon penerima BSM secara tepat dan efisien dalam segi waktu dibandingkan proses seleksi manual.