SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Hasil Belajar Karena Penerapan Model CPS dibandingkan CBL Berbantuan Simulasi Pada Siswa SMK

Farithotul Kamidah

Abstrak


ABSTRAK

Strategi pembelajaran dapat dilakukan dengan memilih model pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pemilihan model pembelajaran harus sesuai dengan keadaan dan karakteristik siswanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:

(1) deskripsi hasil belajar pengetahuan IML karena pengaruh penerapan model CPS berbantuan simulasi;

(2) deskripsi hasil belajar keterampilan IML karena pengaruh penerapan model CPS berbantuan simulasi;

(3) deskripsi hasil belajar pengetahuan IML karena pengaruh penerapan model CBL berbantuan simulasi;

(4) deskripsi hasil belajar keterampilan IML karena pengaruh penerapan model CBL berbantuan simulasi;

(5) mengetahui perbedaan hasil belajar pengetahuan IML yang signifikan antara kelas yang menerapkan model CPS berbantuan simulasi dengan kelas yang menerapkan model CBL berbantuan simulasi; dan

(6) mengetahui perbedaan hasil belajar keterampilan IML yang signifikan antara kelas yang menerapkan model CPS berbantuan simulasi dengan kelas yang menerapkan model CBL berbantuan simulasi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi experimental design dengan desain non equivalent control group design. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh yaitu teknik penentu sampel bila semua anggota populasi dijadikan sampel. Sampel penelitian ini adalah siswa SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik kelas XI TITL A dan XI TITL B. Penerapan perlakuan pada kelas A dan kelas B adalah sama mengenai materi ajar, waktu, tujuan pembelajaran, dan media yang digunakan. Perbedaan hanya pada penerapan model yang digunakan. Kelas A menggunakan model CPS berbantuan simulasi dan kelas B menggunakan model CBL berbantuan simulasi. Penerapan perlakuan penelitian pada kedua kelas akan dibandingkan dan dicari tingkat perbedaan signifikansinya menggunakan uji hipotesis yaitu uji-t.

Kata Kunci: hasil belajar, keaktifan belajar, Creative Problem Solving, Challenge Based Learning, simulasi

Learning strategies can be done by selecting a learning model that is expected to improve student learning outcomes. Selection of learning models should be appropriate to the circumstances and characteristics of the students. This research aims to determine:

(1) a description of the learning outcomes for the effect of applying the knowledge IML CPS-aided simulation models;

(2) a description of the learning outcomes for the effect of applying IML skills CPS-aided simulation models;

(3) a description of the learning outcomes for the effect of applying the knowledge IML CBL-aided simulation models;

(4) a description of the learning outcomes for the effect of applying IML skills CBL-aided simulation models;

(5) determine differences in learning outcomes IML significant knowledge between classes that implement the model CPS-aided simulation with classes that implement CBL-aided simulation models; and

(6) determine differences in learning outcomes IML significant skills between classes that implement the model CPS-aided simulation with classes that implement CBL-aided simulation models. This research design was quasi-experimental research design to the design of non-equivalent control group design. Sampling technique used is saturated sampling technique is a technique determinant of the sample when all members of the population sampled. Samples were students of SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi membership program Power Installation Engineering TITL A class XI and XI TITL B. Application of the treatment on the class A and class B are the same regarding teaching materials, time, learning objectives, and the media used. The only difference in the application of the model used. A class using CPS-aided simulation models and class B using CBL-aided simulation models. Implementation of the second-class treatment in the study will be compared and searched the degree of difference significance test the hypothesis that the t-test..

Keyword: learning result, activity studied, Creative Problem Solving,Challenge Based Learning, simulation