SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN TRAINER ROBOT WALL FOLLOWER INTERFACE BLUETOOTHUNTUK MEMAHAMKAN KONSEP PEMROGAMAN ARDUINO PADA MATA PELAJARAN PENGENDALI SISTEM ROBOTIK BIDANG KEAHLIAN JURUSAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK NEGERI 1 KEPANJEN

Yanuar Islam Krisnawardhana

Abstrak


Kata Kunci: media pembelajaran, trainer, Wall Follower, interface Bluetooth,

konsep ArduinoHasil observasi dan pendekatan di SMK Negeri 1 Kepanjen dalam program keahlian Teknik Elektronika Industri (TEI), ditemukan beberapa permasalahan terkait media pembelajaran. Salah satunya kurang permasalahan adalah aplikasi pembelajaran tentang mikrokontroler terutama tentang Arduino dan belum ada inovasi tentang mikrokontroler dalam bentuk robot pada mata pelajaran Pengendali Sistem Robotik. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian pengembangan untuk membuat media pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar tersebut yaitu Trainer Robot Wall Follower interface bluetooth. Tujuan pengembangan ini adalah mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji efektifitas media ajar berupa trainer robot Wall Follower interface Bluetooth.

Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Sugiyono yang terdiri dari 10 tahapan yaitu:

(1) Potensi dan Masalah;

(2) Pengumpulan data;

(3) Desain produk;

(4) Validasi desain;

(5) Ujicoba Pemakaian;

(6) Revisi produk;

(7) Ujicoba Produk;

(8) Revisi Desain;

(9) Revisi Produk; dan

(10) Produksi akhir. Produk yang telah dikembangkan divalidasi oleh 3 ahli dan telah diuji coba produk pada 27 siswa kelas XII TEI 1, dan uji coba pemakaian pada 25 siswa kelas XII TEI 3.

Hasil uji validasi dari ketiga ahli mendapatkan persentase sebesar 90,17% oleh ahli 1, 88,39% oleh ahli 2, dan 94,64% oleh ahli 3. Hasil uji coba produk sebesar 93,66%. Produk yang dibuat telah diimplementasikan dalam kegiatan belajar siswa dan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 84, masing-masing untuk kedua aspek pengetahuan mendapatkan 86 sedangkan untuk aspek keterampilan mendapatkan 83. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Trainer dan Jobsheet Wall Follower interface Bluetooth dapat digunakan sebagai salah satu media untuk memahamkan konsep pemrograman Arduino pada siswa.