SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Literasi Sosial dan Konsep Diri dengan Kesiapan secara Sosial Sebagai Guru pada Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika Angkatan 2015 Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang

Ilma Faidah

Abstrak


Guru merupakan komponen utama dalam meningkatkan mutu pendidikan. Guru mempunyai tanggung jawab yang besar, karena langsung berinteraksi dengan peserta didik dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Guru tidak hanya dituntut untuk menguasai materi, namun juga diharuskan mampu menyampaikan materi dengan baik. Guru juga diharuskan mampu menjalin hubungan yang harmonis dengan rekan kerja,staff sekolah,wali murid bahkan masyarakat sekitar. Kesiapan secara social sebagai guru perlu dimiliki mahasiswa calon guru agar mereka mempunyai bekal dan siap untuk terjun langsung di dunia pendidikan. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesiapan secara social sebagai guru antara lain: (1) kondisi mental, (3) kondisi emosional dan (3) kondisi pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi Literasi Sosial (X1), Konsep Diri (X2), dan Kesiapan secara Sosial sebagai Guru (Y). Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengungkap hubungan Literasi Sosial dan Konsep Diri dengan Kesiapan secara Sosial sebagai Guru baik secara parsial maupun simultan.

Metode penelitian yang digunakan yaitu ex post facto dengan rancangan deskriptif korelasional dan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan yaitu 111 mahasiswa S1 PTI angkatan 2015 yang sudah memenuhi kriteria sampel. Intrumen penelitian untuk mengukur variabel X1, X2, dan Y menggunakan angket. Nilai reliabilitas instrumen pengukuran X1 sebesar 0,735, variabel X2 sebesar 0,721, dan variabel Y sebesar 0,749. Data yang diperoleh diuji dengan analisis deksriptif korelasional dan analisis regresi linear ganda.

Hasil penelitian: (1) Y dikategorikan sangat tinggi sebesar 50,45%; (2) X1 dikategorikan tinggi sebesar 76,58%; (3) X2 dikategorikan tinggi sebesar 74,77%; (4) ada hubungan positif dan signifikan antara X1 dan Y; (5) ada hubungan positif dan signifikan antara X2 dan Y; (6) ada hubungan positif dan signifikan antara X1 dan X2 secara simultan dengan Y.

Kesimpulan penelitian ini yaitu: (1) ada hubungan positif dan signifikan antara Literasi Sosial dengan Kesiapan secara Sosial sebagai Guru; (2) ada hubungan positif dan signifikan antara Konsep Diri dengan Kesiapan secara Sosial sebagai Guru; (3) ada hubungan positif dan signifikan antara Literasi sosial dan Konsep Diri dengan Kesiapan secara Sosial sebagai Guru.