SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Digital Sistem Distribusi Energi Listrik Berbasis Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran Energi Baru dan Terbarukan Bagi Mahasiswa Program Studi S1 Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro di Universitas Negeri Malang

Putra David Anggara

Abstrak


ABSTRAK

Putra, David Anggara. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Digital Sistem Distribusi Energi Listrik Berbasis Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran Energi Baru dan Terbarukan Bagi Mahasiswa Program Studi S1 Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro di Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Distribusi, Pemahaman Konsep, Energi Baru dan Terbarukan

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah:

(1) Merancang dan membuat media pembelajaran digital sistem distribusi energi listrik berbasis pemahaman konsep pada pembelajaran energi baru terbarukan di TE UM;

(2) Merancang dan membuat simulasi sistem distribusi energi listrik berbasis pemahaman konsep pada pembelajaran energi baru terbarukan di TE UM;

(3) Menguji kelayakan media pembelajaran digital sistem distribusi energi listrik berbasis pemahaman konsep pada pembelajaran energi baru terbarukan di TE UM.

Pengembangan ini menggunakan model penelitian ADDIE dengan 5 (lima) tahap penelitian dan pengembangan. Uji kelayakan bahan ajar dilakukan oleh 2 (dua) dosen ahli Teknik Elektro, mahasiswa S1 TE angkatan 2015 dan mahasiswa S1 TE angkatan 2016 untuk megevaluasi kelayakan media pembelajaran digital dan simulasi menggunakan instrumen berupa angket. Uji coba kelayakan bahan ajar dilakukan oleh 2 (dua) dosen ahli Teknik Elektro, 10 (sepuluh) mahasiswa S1 TE 2015 konsentrasi arus kuat dan mahasiswa S1 TE 2016 konsentrasi arus kuat untuk menguji kelayakan materi dan media dengan menggunakan instrument berupa angket.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran digital energi baru dan terbarukan tentang sistem distribusi tenaga listrik pembangkit energi baru dan terbarukan memperoleh persentase sebesar 83,4% dari 2 (dua) dosen ahli yang artinya produk layak digunakan dengan sedikit revisi, 86% dari 10 (sepuluh) mahasiswa S1 TE 2015 konsentrasi arus kuat yang artinya produk sangat layak untuk digunakan, sedangkan dari mahasiswa S1 TE 2016 konsentrasi arus kuat memperoleh 88% yang artinya produk sangat layak digunakan tanpa ada revisi lagi.

Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini terbukti bahwa media pembelajaran digital energi baru dan terbarukan sangat layak digunakan. Media pembelajaran digital juga mampu memberikan pemahaman tentang konsep sistem distribusi tenaga listrik pembangkit energi baru dan terbarukan kepada mahasiswa S1 TE.