SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING DIPADU PROBLEM BASED LEARNING DAN PROBLEM SOLVING LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PEMROGRAMAN DASAR KELAS X TKJ SMK NEGERI 2 PROBOLINGGO

MOHAMAD JOHAN ROMADHONA

Abstrak


Berdasarkan hasil obeservasi yang dilakukan pada kelas X TKJ SMKN 2 Probolinggo menunjukan kurangnya keberanian siswa dalam mengungkapkan pendapat, keterampilan siswa dalam menyelesaikan masalah kurang optimal, dan hasil belajar Pemrograman Dasar yang diperoleh 69% siswa dibawah KKM. Permasalahan tersebut melatarbelakangi penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar (Y) Pemrograman Dasar karena pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dipadu dengan Brainstorming (X1) dibandingkan Problem Solving Learning dipadu dengan Brainstorming (X2). Hasil belajar yang dimaksud adalah hasil belajar pengetahuan (Y1) dan hasil belajar keterampilan (Y2). Penelitian ini bertujuan untuk:

(1) mendeskripsikan Y1 karena pengaruh penerapan X1;

(2) mendeskripsikan Y2 karena pengaruh penerapan X1;

(3) mendeskripsikan Y1 karena pengaruh X2;

(4) mendeskripsikan Y2 karena pengaruh penerapan X2;

(5) mengungkap signifikansi perbedaan Y1 karena pengaruh penerapan X1 dibandingkan X2;

(6) mengungkap signifikansi perbedaan Y2 karena pengaruh penerapan X1 dibandingkan X2.

Penelitian ini menggunakan rancangan Quasi Eksperiment Research dengan Pretest Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah kelas X TKJ 1 dan kelas X TKJ 3. Kelas X TKJ 1 berjumlah 34 siswa diberi perlakuan X1. Kelas X TKJ 3 berjumlah 32 siswa diberi perlakuan X2.

Deskripsi Y1 karena pengaruh penerapan X1 pada kelas X TKJ 1 dikategorikan tinggi, deskripsi Y2 karena pengaruh penerapan X1 pada kelas X TKJ 1 dikategorikan tinggi, deskripsi Y1 karena pengaruh X2 pada kelas X TKJ 3 dikategorikan sedang, deskripsi Y2 karena pengaruh penerapan X2 pada kelas X TKJ 3 dikategorikan sedang. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukan terdapat perbedaan Y1 karena pengaruh penerapan X1 dibandingkan X2 dengan angka signifikansi sebesar 0,012, terdapat perbedaan Y2 karena pengaruh penerapan X1 dibandingkan X2 dengan angka signifikansi sebesar 0,000.

Kesimpulan dari penelitian terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Pemrograman Dasar karena pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dipadu dengan Brainstorming dibandingkan dengan Problem Solving Learning dipadu dengan Brainstorming.