SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBEDAAN HASIL BELAJAR DASAR DESAIN GRAFIS DENGAN PENERAPAN ACCELERATED LEARNING DIBANDINGKAN ACTIVE LEARNING BERBANTUAN VIDEO TUTORIAL PADA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TKJ SMK ISLAM 1 BLITAR

Endah Laelatul Fitri

Abstrak


Hasil belajar pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis yang tergolong rendah memiliki keterkaitan dengan model pembelajaran yang digunakan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMK Islam 1 Blitar, proses pembelajaran pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis masih menggunakan model konvensional sehingga siswa cenderung bosan dalam mengikuti pembelajaran dan menyebabkan hasil belajar yang diperoleh siswa menjadi rendah. Permasalahan tersebut melatar belakangi penelitian ini dengan membandingkan penerapan model pembelajaran Accelerated Learning (X1) dan Active Learning (X2) berbantuan video tutorial terhadap hasil belajar (Y). Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk:

(1) mengetahui Y kognitif dasar desain grafis dengan model X1,

(2) mengetahui Y kognitif dasar desain grafis dengan model X2,

(3) mengetahui Y psikomotor dasar desain grafis dengan model X1,

(4) mengetahui Y psikomotor dasar desain grafis dengan model X2,

(5) mengetahui perbedaan Y kognitif dasar desain grafis dengan model X1 dibandingkan X2 berbantuan video tutorial,

(6) mengetahui perbedaan Y psikomotor dasar desain grafis dengan model X1 dibandingkan X2 berbantuan video tutorial.

Rancangan pada penelitian ini menggunakan Quasi Experiment serta desain penelitian Pretest-Posttest. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X TKJ SMK Islam 1 Blitar sejumlah 47 siswa. Sampel adalah 40 siswa kelas X TKJ 2 sebagai kelas eksperimen A dengan penerapan X1 dan 37 siswa kelas X TKJ 3 sebagai kelas eskperimen B dengan penerapan X2. Instrumen pengukuran berupa tes pengetahuan (posttest) dan lembar pengamatan. Pengujian hipotesis menggunakan teknik Independent Sample t-Test, berbantuan SPSS 25 for Windows.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan Y setelah diberi perlakuan model X1 berbantuan video tutorial maupun X2 berbantuan video tutorial dengan nilai Y ranah kognitif sebesar 0.20 dan nilai Y ranah psikomotor sebesar 0.13.