SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Cetak Dengan Mengintegrasikan Metode Drill and Practice Untuk Suplemen Pembelajaran Materi Sistem Komputer Pada Siswa Kelas X Program Keahlian RPL SMK Turen

Ardent Adysta Abitama

Abstrak


 

ABSTRAK

Ardent, Adysta Abitama. 2019. Pengembangan Modul Cetak Dengan Mengintegrasikan Metode Drill and Practice Untuk Suplemen Pembelajaran Materi Sistem Komputer Pada Siswa Kelas X Program Keahlian RPL SMK Turen. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Setiadi Cahyono Putro, M.Pd., M.T., (II) Dr. Ir. H. Syaad Patmantara, M. Pd.

Kata kunci: Modul cetak, Sistem Komputer, Drill and Practice, SMK.

Saat ini pada program keahlian RPL di SMK ada beberapa mata pelajaran produktif salah satunya adalah Sistem Komputer (SK). SK merupakan mata pelajaran yang mengenalkan siswa mulai dari pengenalan logika dalam suatu komputer serta arsitektur dan cara kerja komputer. Mata pelajaran ini adalah salah satu mata pelajaran produktif dasar yang harus dikuasi siswa SMK jurusan RPL kelas X sebelum melanjutkan ke mata pelajaran produktif yang mana tingkat kesulitannya lebih tinggi. Namun, hasil wawancara dengan siswa X RPL SMK Turen mengatakan bahwa mereka kesulitan dalam mengingat materi Sistem Komputer dibandingkan dengan mata pelajaran produktif lainnya karena kurangnya bahan untuk belajar baik mandiri atau berkelompok. Karena kesulitan dalam proses belajar maka hal tersebut akan secara langsung berpengaruh kepada nilai hasil belajar siswa. Hal ini telah dibuktikan dengan hasil ulangan siswa X RPL SMK Turen yang mana sebanyak 80% tidak mencapai KKM dalam mata pelajaran Sistem Komputer.

Pada pengembangan modul cetak Sistem Komputer ini, peneliti menggunakan model pengembangan Dick and Carey (2001). Prosedur penelitian pengembangan ini terbagi mejadi 4 tahap, yaitu

(1) tahap analisis kebutuhan;

(2) tahap pengembangan;

(3) tahap uji formatif; dan

(4) tahap uji sumatif. Subjek ujicoba bahan ajar adalah siswa SMK Kelas X Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Turen.

Hasil penelitian yang telah dilakukan kepada ahli dan uji coba siswa. Dari ahli media didapatkan nilai rata-rata 87,33% , sedangkan untuk ahli materi didapatkan nilai rata-rata 90,95%. Uji coba skala kecil diambil dari 7 siswa yang diambil secara acak, didapatka nilai rata-rata 91,98%, kemudian dalam uji coba skala besar atau pemakaian dari 27 siswa didapatkan nilai rata-rata 92,04%. Secara keseluruhan bahan ajar ini dikatakan valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran kelas X RPL Semester Ganjil di SMK Turen.

Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini adalah

(1) produk berupda modul cetak Sistem Komputer untuk kelas X Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) pada semester ganjil;

(2) modul cetak yang dikembangkan telah memiliki karakteristik Self Instruction;

(3) modul cetak memiliki karakteristik Stand Alone yang tidak tergantung dari bahan ajar/ media lain, dan memenuhi kaidah User Friendly; dan

(4) Telah dilakukan uji kelayakan pada ahli media, ahli materi, skala kecil dan skala besar, serta didapatan keseluruhan bahan ajar ini dikatakan valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran kelas X RPL Semester Ganjil di SMK Turen.