SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA PENGALAMAN BERMAKNA DALAM KAJIAN PRAKTIK LAPANGAN (KPL) DAN PERSEPSI TERHADAP KARIR KEGURUAN DENGAN KEPERCAYAAN DIRI MENJADI GURU KEJURUANBAGI MAHASISWA S1 PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Bahesty Muhammad Ja'far

Abstrak


ABSTRAK

Bahesty, Muhammad Ja’far. 2019. Hubungan antara Pengalaman Bermakna dalam Kajian Praktik Lapangan (KPL) dan Presepsi terhadap Karir Keguruan dengan Kepercayaan Diri menjadi Guru Kejuruan bagi Mahasiswa PTE 2015 Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang.

Kata Kunci: Pengalaman Bermakna KPL, Persepsi Karir Keguruan, dan Kepercayaan Diri menjadi Guru Kejuruan.

Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro (PTE) mempunyai satu kompetensi lulusan yang dihasilkan yaitu, kompetensi keguruan yang memprioritaskan untuk mencetak tenaga pendidik. Namun pada kenyataanya masih ada beberapa mahasiswa PTE belum memiliki kepercayaan diri menjadi guru kejuruan. Beberapa faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri menjadi guru kejuruan diantaranya yaitu, pengalaman bermakna dalam Kajian Praktik Lapangan (KPL) dan persepsi terhadap karir kegururan. Berkaitan dengan hal tersebut maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk:

(1) mendeskripsikan pengalaman bermakna dalam KPL(X1);

(2) mendeskripsikan persepsi terhadap karir keguruan (X2);

(3)  mendeskripsikan kepercayaan diri menjadi guru kejuruan (Y);

(4) mengungkap hubungan signifikansi antara X1 dan Y;

(5) mengungkap hubungan signifikansi antara X2 dan Y;

(6) mengungkap signifikansi hubungan secara simultan antara X1 dan X2, dengan Y; pada Program Studi Pendidikan Teknik Elektro angkatan 2015 Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian expose facto dengan rancangan deskriptif korelasional. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa S1 PTE angkatan 2015 sejumlah 68 responden. Penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas yaitu, (X1) dan (X2), serta satu variabel terikat yaitu (Y). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket atau kuisioner. Teknik analisis data menggunakan korelasi parsial dan regresi ganda. Hasil uji reliabilitas instrumen (X1), (X2), dan (Y) dalam kategori tinggi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa:

(1) tingkat pengalaman bermakna dalam Kajian Praktik Lapangan (KPL) mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro angkatan 2015 dalam kategori sangat tinggi;

(2) tingkat persepsi terhadap karir keguruan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro angkatan 2015 dalam kategori sangat tinggi;

(3) tingkat kepercayaan diri menjadi guru kejuruan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro angkatan 2015 dalam kategori rendah;

(4) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pengalaman bermakna dalam Kajian Praktik Lapangan (KPL) dan kepercayaan diri menjadi guru kejuruan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro angkatan 2015;

(5) terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi terhadap karir keguruan dan kepercayaan diri menjadi guru kejuruan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro angkatan 2015;

 

(6) terdapat hubungan yang signifikan secara simultan antara pengalaman bermakna dalam Kajian Praktik Lapangan (KPL) dan persepsi terhadap karir keguruan dengan kepercayaan diri menjadi guru kejuruan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro angkatan 2015.