SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ALM (AUTONOMOUS LEARNER MODEL) DIBANDINGKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DMR (DISKURSUS MULTY REPRECENTACY) BERBANTUAN PROJECT MOTION MEDIA TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK SMKN 3 B

Lilis Setiorini

Abstrak


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk:

(1) Mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran ALM (Autonomous Learner Model) dan model pembelajaran DMR (Diskursus Multy Reprecentacy) berbantuan Projected Motion Media terhadap keaktifan belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik pada siswa kelas X TIT SMKN 3 Boyolangu Tulungagung,

(2) Mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran ALM (Autonomous Learner Model) dan model pembelajaran DMR (Diskursus Multy Reprecentacy) berbantuan Projected Motion Media terhadap keaktifan belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik pada siswa kelas X TIT SMKN 3 Boyolangu Tulungagung. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Experimental dengan menggunakan Posttest Only design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TIT 1 dan X TIT 3. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa:

(1) Perolehan rata-rata nilai keaktifan belajar kelas X TIT 1 adalah 87,85, lebih tinggi daripada nilai keaktifan belajar kelas X TIT 3 yaitu 82,64,

(2) Perolehan rata-rata nilai prestasi belajar kelas X TIT 1 adalah 85,87, lebih tinggi daripada nilai prestasi belajar kelas X TIT 3 yaitu 82,35. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan

(1) Terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran ALM (Autonomous Learner Model) dan model pembelajaran DMR (Diskursus Multy Reprecentacy) berbantuan Projected Motion Media terhadap keaktifan belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik pada siswa kelas X TIT SMKN 3 Boyolangu Tulungagung,

(2) Terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran ALM (Autonomous Learner Model) dan model pembelajaran DMR (Diskursus Multy Reprecentacy) berbantuan Projected Motion Media terhadap keaktifan belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik pada siswa kelas X TIT SMKN 3 Boyolangu Tulungagung.

Kata Kunci: Autonomous Learner Model (ALM), Diskursus Multi Representacy (DMR), Project Motion Media, Keaktifan Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

The purpose of this research is to:

(1) Knowing the differences in the effect Autonomous Learner Model (ALM) and DMR (Diskursus Multy Reprecentacy) assisted by Projected Motion Media on the learning activity of Electromechanical Basic Work in class X TIT of SMK 3 Boyolangu Tulungagung,

(2) Knowing the differences in the effect Autonomous Learner Model (ALM) and DMR (Diskursus Multy Reprecentacy) assisted by Projected Motion Media on the learning achievement of Electromechanical Basic Work in class X TIT of SMK 3 Boyolangu Tulungagung. This research method uses the Quasi Experimental research method using Posttest Only design. The sample in this study were students of class X TIT 1 and X TIT 3. Result from this study indicate that:

(1) The average learning activity value of class X TIT 1 is 87,85, than the learning activeness value of class X TIT 3 is 82.64,

(2) The average learning achievement value of class X TIT 1 is 85,87, than the learning activeness value of class X TIT 3 is 82,35

Based on these results it can be concluded,

(1) There are differences in the influence of the effect Autonomous Learner Model (ALM) and DMR (Diskursus Multy Reprecentacy) assisted by Projected Motion Media on the learning activity of Electromechanical Basic Work in class X TIT of SMK 3 Boyolangu Tulungagung,

(2) There are differences in the influence of the effect Autonomous Learner Model (ALM) and DMR (Diskursus Multy Reprecentacy) assisted by Projected Motion Media on the learning achievement of Electromechanical Basic Work in class X TIT of SMK 3 Boyolangu Tulungagung.

Keywords: Autonomous Learner Model (ALM), Diskursus Multi Representacy (DMR), Project Motion Media, Activity, Learning Achievement