SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Blended Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pemrograman Berorientasi Objek Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Nege

Ika Lutfia Ningsih

Abstrak


Kata Kunci: Model Pembelajaran Blended Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Model pembelajaran blended learning merupakan salah satu model pembelajaran yang menjadikan proses pembelajaran lebih efektif dan efisien. Blended learning menggabungkan pembelajaran online tanpa mengesampingkan pembelajaran tatap muka. Di dalam era perkembangan teknologi saat ini sangat memungkinkan untuk diterapkannya model pembelajaran blended learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar.

Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dalam bentuk eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain Nonrandomized Pretest-Posttest Control Group Design. Objek penelitian ini adalah peserta didik program studi S1 Pendidikan Teknik Informatika angkatan 2017 di Universitas Negeri Malang. Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta didik program studi S1 Pendidikan Teknik Informatika angkatan 2017 kelas C sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan model pembelajaran blended learning dan peserta didik program studi S1 Pendidikan Teknik Informatika angkatan 2017 kelas B sebagai kelas kontrol diberikan perlakuan model pembelajaran konvensional. Teknik analisis data menggunakan uji-t menggunakan independent-sample T-test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa

(1) Penerapan model pembelajaran Blended Learning berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik. Hal ini didukung dengan rata-rata skor motivasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol dan nilai sign motivasi belajar sebesar 0,002 < 0,05.

(2) Penerapan model pembelajaran Blended Learning berpengaruh terhadap hasil belajar. Hal ini didukung dengan hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol dan nilai sign hasil belajar sebesar 0,000 < 0,05.

Saran yang dianjurkan oleh peneliti adalah

(1) Penelitian ini hanya menerapkan Model Pembelajaran Blended Learning pada saat kondisi Dosen hadir dikelas, maka untuk penelitian selanjutnya dapat menerapkan Model Pembelajaran Blended Learning pada saat kondisi Dosen tidak hadir dikelas.

(2) Untuk mengukur hasil belajar mahasiswa tidak hanya dilihat dari ranah kognitif tetapi juga bisa dilihat dari ranah afektif dan psikomotor.