SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Data Logger pada Sel Surya dengan Manajemen Daya Independen Terintegrasi IoT (Internet of Things)

Maulana Mochammad Rizal

Abstrak


RINGKASAN

Maulana, Mochammad Rizal. 2019. Data Logger pada Sel Surya dengan Manajemen Daya Independen Terintegrasi IoT (Internet of Things). Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.Eng Mokh. Sholihul Hadi, S.T., M.Eng., (II) Ilham Ari Elbaith Zaeni, S.T., M.T., Ph.D.

Kata Kunci: Internet Of Things, Data logger, ESP32, Monitoring, Android, Application Programming Interface.

Kinerja panel surya sangat diperlukan untuk diketahui secara langsung, untuk mengetahui parameter daya pada sel surya dibutuhkan perangkat yang dapat mengukur tegangan dan arus dari sel surya. Maka dari itu, dikembangkanlah suatu data logger yang dapat melakukan pengukuran parameter tegangan, arus, dan daya pada sel surya serta kondisi cuaca sekitar pembangkit listrik tenaga surya. Secara umum data logger atau perekam data terdiri dari mikrokontroler, sensor, dan media penyimpanan. Salah satu permasalahan dari data logger yang sudah ada saat ini yaitu perangkat akan tetap aktif meskipun pada kondisi malam hari. Prinsip dasar sel surya adalah memanfaatkan efek fotovoltaik, yaitu suatu efek yang dapat mengubah langsung cahaya matahari menjadi energi listrik. Hal ini menyebabkan pada malam hari, sel surya tidak dapat menghasilkan energi listrik. Sehingga penggunaan data logger pada malam hari menjadi tidak efektif karena tidak ada energi listrik yang perlu dicatat.

Penelitian ini bertujuan untuk merancang data logger yang dapat membantu memantau parameter-parameter dari sel surya secara Real Time dan meningkatkan efisiensi penggunaan daya dari data logger. Parameter yang dipantau yaitu tegangan, arus, daya pada sel surya, suhu dan kelembapan udara pada lingkungan sekitar perangkat, dan tegangan baterai pada perangkat yang dapat dipantau melalui smartphone Android.

 

Hasil pengujian menunjukkan bahwa perangkat dapat memonitor parameter tegangan sel surya, arus, daya, suhu dan kelembapan udara serta tegangan baterai secara Real Time. Hasil perbandingan pembacaan sensor dan alat ukur yaitu memiliki besar eror pengukuran tegangan baterai, tegangan, arus, daya sel surya dibawah 4.04%, sementara untuk eror pengukuran suhu dan kelembapan udara sebesar antara 9.76%-13.09%. Kemudian untuk pengujian penggunaan daya dari perangkat data logger didapatkan angka penghematan sebesar 65.56% pada pengaturan interval pengiriman datanya setiap 1 menit dan semakin lama interval pengiriman datanya maka penghematan yang didapatkan akan semakin tinggi.