SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBEDAAN HASIL BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK KARENA PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN VIDEO TUTORIAL DIBANDINGKAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN SIMULASI

CHURIYAH INDAH

Abstrak


ABSTRAK

Churiyah, Indah. 2019. PerbedaanHasilBelajarDasardanPengukuranListrikkarenaPengaruhPenerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan Video Tutorial Dibandingkan Learning Cycle 5E BerbantuanSimulasipadaSiswaKelas X TeknikPembangkitTenagaListrikSMK PGRI 3 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Setiadi Cahyono Putro, M.Pd., M.T., pembimbing (II) Drs. SlametWibawanto, M.T.

Kata Kunci:Learning cycle 5e, video tutorial, simulasi, HasilBelajarDasardanPengukuranListrik

Perkembangan IPTEK saat ini telah berkembang begitu pesat, salah satunya dalam bidang pendidikan. Perkembangan tersebut mempengaruhi kemajuan teknologi pendidikan yang ditandai dengan perkembangan media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Penggunaan media sangat penting dilakukan untuk memvisuali­sasikan carakerjaadan proses darisebuahalatukur, salahsatunyaadalahpengukuranteganganaruslistrikbolak-balikmenggunakanosiloscop.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarDasardanPengukuranListrikaspekpengetahuandanketerampilankarenapengaruhpenerapan model Learning Cycle 5e berbantuan video tutorial dibandingkan Learning Cycle 5e berbantuansimulasi.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan rancangan quasi eksperimental (eksperimen semu) dengan jenisnon-equivalent group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X PBD sebagai kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran learning cycle 5e berbantuan video tutorial dan siswa kelas X PBB sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran learning cycle 5e berbantuanSimulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat perbedaan hasil belajar DasardanPengukuranListrikaspekpengetahuankarenapengaruhpenerapan model pembelajaran Learning Cycle 5e berbantuanvideo tutorial padakelaskontroldibandingkan Learning Cycle 5e berbantuansimulasipadakelaseksperimen. Rata-rata nilai hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen 2 yaitu sebesar 84.8, lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 1 yaitu sebesar 79.09. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar aspek keterampilan, kelas eksperimen 2 memiliki rata-rata nilai keterampilan sebesar 87.48, lebih tinggi dibandingkan rata-rata nilai keterampilan siswa kelas ekperimen 1, yakni sebesar 82.02.

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa:

(1) hasil belajar aspek pengetahuan pada kelas eksperimen 2 lebih tinggi daripada hasil belajar kelas eksperimen 1;

(2) hasil belajar aspek keterampilan pada kelas ekperimen 2 lebih tinggi daripada kelas eksperimen 1;

(3) terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar aspek pengetahuan kelas ekperimen 2 karena perlakuan model Learning Cycle 5e berbantuan video tutorial dibandingkan kelas eksperimen 1 karena perlakuan Learning Cycle 5e berbantuan simulasi; dan

(4)terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar aspek keterampilan pada kelas eksperimen 2 karena perlakuan model Learning Cycle 5e berbantuan video tutorial dibandingkan kelas eksperimen 1 karena perlakuan Learning Cycle5e berbantuan simulasi.