SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Interaksi Keaktifan Belajar dengan Penerapan Model Pembelajaran CPS dan Model Pembelajaran PS Berbantuan Simulasi Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa SMK

HAFIZHAH NASHIROH

Abstrak


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:

(1) deskripsi hasil belajar Dasar dan Pengukuran Listrik yang dipengaruhi oleh interaksi keaktifan dan penerapan model pembelajaran;

(2) menguji signifikansi interaksi keaktifan siswa dan model pembelajaran terhadap hasil belajar;

(3) menguji signifikansi antar kelas keaktifan siswa dan penerapan variasi model pembelajaran terhadap hasil belajar; dan

(4) mengetahui perbedaan hasil belajar yang paling signifikan antar pasangan kelas. Desain penelitian yang digunakan adalah true experimental dengan rancangan factorial 2 x 2. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua kelas dari siswa kelas X program keahlian Teknik Pembangkit Tenaga Listrik. Kedua kelas tersebut akan dikelompokkan menjadi 4 kelompok berdasarkan tingkat keaktifan belajar dengan penerapan model pembelajaran berbantuan simulasi. Pengelompokan dilakukan secara acak berdasarkan tingkat keaktifan belajar dengan cara observasi pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung dengan indikator-indikator yang sudah ditentukan. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji ANOVA dua jalur untuk mengetahui adanya interaksi dan perbedaan hasil belajar Dasar dan Pengukuran Listrik berdasarkan tingkat keaktifan belajar dengan penerapan variasi model pembelajaran berbantuan simulasi. Uji hipotesis selanjutnya adalah uji Post-Hoc Comparasion digunakan untuk mengetahui kelompok hasil belajar yang paling berbeda.

Kata Kunci: hasil belajar, keaktifan belajar, Creative Problem Solving, Problem Solving, simulasi

ABSTRACT

This research aims to determine:

(1) a description of the learning outcomes Basic and Electrical Measurements were influenced by the interaction of activity and application of learning models;

(2) to test the significance of the interaction of student activity and learning model on learning outcomes;

(3) test the significance of inter-class activity of students and application of the learning model variation on learning outcomes; and

(4) determine differences in learning outcomes between the most significant class mates. Design research is true experimental design with factorial 2 x 2. The subjects used in this study are two classes of class X student membership program Power Plant Engineering in SMK PGRI 3 Malang. Both of these classes will be grouped into 4 groups based on the level of activity of learning with simulation-aided learning model application. Grouping is done randomly based on level of activity of learning by observation at the time of learning activities take place with the indicators that have been determined. Hypothesis test used was two way ANOVA to determine their interaction and learning outcomes Basic differences and Electrical Measurements based on the level of activity studied with the application of assisted learning model variation simulation.

Keyword: learning result, activity studied, Creative Problem Solving, Problem Solving, simulation