SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Game Edukasi Adventure Berbasis Android dengan Self-Directed Learning sebagai Penunjang Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis di SMK

DHEWI ANDRI INOVIYAN

Abstrak


ABSTRAK

Dhewi, Andri Inoviyan. 2019. Pengembangan Game Edukasi Adventure Berbasis Android dengan Self-Directed Learning sebagai Penunjang Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis di SMK. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbinng: (I) Dr. Ir. Syaad Patmanthara, M.Pd., (II) Heru Wahyu Herwanto, S.T., M.Kom.

Kata Kunci : Penelitian dan pengembangan, Game Edukasi, Android, Dasar Desain Grafis

Perkembangan teknologi informasi mengalami kemajuan diberbagai bidang. Kemajuan teknologi seperti smartphone dapat dimanfaatkan dalam menunjang pembelajaran di dunia pendidikan. Salah satunya sebagai media pembelajaran. Berdasarkan observasi awal dilakukan kepada siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kompetensi keahlian multimedia diperoleh hasil bahwa siswa mengaku bosan dan kesulitan dengan penyampaian materi menggunakan media papan tulis dan slide powerpoint, disisi lain siswa gemar bermain game. Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan sebuah inovasi media pembelajaran yang dapat menyajikan materi yang lebih menarik. Lebih dari media berupa papan tulis maupun slide powerpoint yang hanya menyajikan teks dan gambar. Sejalan dengan kegemaran mayoritas siswa yaitu bermain game, maka hal tersebut menjadi alasan peneliti dalam melakukan penelitian pengembangan game edukasi untuk siswa SMK kelas X mata pelajaran dasar desain grafis. Tujuan penelitian ini adalah merancang, mengembangkan, dan menguji kelayakan, aplikasi game edukasi berbasis android pada mata pelajaran dasar desain grafis.

Penelitian dan pengembangan yang akan dilakukan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yang meliputi:

(1) Analysis;

(2) Design;

(3) Development;

(4) Implementation;

(5) Evaluation. Uji kelayakan dilakukan siswa SMK N 7 Malang kelas X jurusan multimedia yang sedang atau telah menempuh mata pelajaran dasar desain grafis.

Berdasarkan validasi yang dilakukan oleh para ahli yaitu dosen yang berkompeten dalam bidang Multimedia dan guru mata pelajaran dasar desain grafis serta uji coba produk dilakukan kepada siswa kelas X SMKN 7 Malang, diperoleh data dari ahli media sebesar 89,81% dan dari 2 ahli materi dengan rata-rata presentase sebesar 91,40%. Berdasarkan data hasil validasi game edukasi dinyatakan sangat valid untuk dilakukan uji coba. Pada tahap uji coba produk dilakukan uji perseorangan dilakukan oleh 2 siswa diperoleh sebesar 88,13%, uji coba kelompok kecil yang dilakukan oleh 10 siswa diperoleh sebesar 89,63%, uji coba lapangan yang dilakukan oleh 30 siswa diperoleh sebesar 90,04%. Berdasarkan kriteria validitas, maka game edukasi berbasis android dengan self-directed learning pada mata pelajaran dasar desain grafis kelas X SMK termasuk dalam kategori sangat valid dan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.