SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Aplikasi Monitoring dan Penilaian Sikap Siswa Berbasis Website Menggunakan Algoritma Simple Additive Weighting (SAW) di SMK Negeri 2 Singosari

ROKHMAWATI ADELIA

Abstrak


ABSTRAK

Rokhmawati, Adelia. 2019. Pengembangan Aplikasi Monitoring dan Penilaian Sikap Siswa Berbasis Website Menggunakan Algoritma Simple Additive Weighting (SAW) di SMK Negeri 2 Singosari. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Heru Wahyu Herwanto, S.T., M.Kom. (II) Utomo Pujianto, S.Kom., M.Kom.

Kata kunci: Aplikasi Monitoring dan Penilaian Sikap, Perankingan Poin, Simple Additive Weighting, Waterfall

Penilaian sikap merupakan salah satu aspek penilaian dalam kurikulum 2013 atau K-13. Untuk memenuhi penilaian sikap dari kurikulum tersebut SMK Negeri 2 Singosari telah diberlakukan aturan baru oleh waka kesiswaan pada tahun pelajaran 2017/2018. Aturan tersebut yaitu buku prestasi peserta didik yang bertujuan sebagai alat monitoring aktifitas pembinaan peserta didik baik akademik maupun non akademik. Aturan ini dilakukan melalui sebuah buku cetak sebagai pegangan siswa. Pengisian buku tersebut masih dilakukan secara manual, begitu juga dengan proses perhitungan poin yang diperoleh siswa. Sehingga selama pelaksanaan aturan ini, muncul hambatan dari proses perhitungan poin yang membutuhkan waktu yang lama. Oleh sebab itu, dibutuhkan sebuah solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu solusi yang bisa diterapkan dalam membantu memasukkan data prestasi ataupun pelanggaran yang dilakukan oleh siswa, monitoring sikap siswa baik di dalam maupun di luar kelas, dan melakukan perhitungan hasil poin akhir yang diperoleh siswa yang akan menjadi dasar perankingan poin sikap siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah Aplikasi Monitoring dan Penilaian Sikap Siswa. Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan Model Waterfall yang terdiri dari empat langkah yaitu:

(1) Analyze;

(2) Design;

(3) Code; dan

(4) Test.

 

Aplikasi ini juga menerapkan Algoritma Simple Additive Weighting (SAW) untuk proses perankingan poin sikap siswa satu kelas. Selain mengembangkan produk, dilakukan proses pengujian kelayakan produk untuk mengetahui tingkat validitas dan kelayakan produk untuk diterapkan di lingkungan SMK Negeri 2 Singosari. Pengujian dilakukan oleh ahli sistem informasi dan pengguna pada setiap level user. Berdasarkan hasil dari uji coba fungsionalitas oleh ahli sistem informasi didapatkan persentase sebesar 100%, dan hasil uji coba dari pengguna, didapatkan rata-rata persentase hasil uji coba fungsionalitas sebesar 99,89% dan rata-rata persentase hasil usability sebesar 92,21% yang menunjukkan bahwa Aplikasi Kejar Prestasi dinilai baik sehingga dapat digunakan di lingkungan SMK Negeri 2 Singosari sebagai aplikasi monitoring dan penilaian sikap siswa.