SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Etika Kerja dalam Praktikum dan Komitmen terhadap Tugas dengan Kesiapan Bekerja Setelah Lulus bagi Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK Swasta di Kota Malang

SUNARTO FAIZATHI

Abstrak


ABSTRAK

Sunarto, Faizathi. 2019. Hubungan Etika Kerja dalam Praktikum dan Komitmen terhadap Tugas dengan Kesiapan Bekerja Setelah Lulus bagi Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK Swasta di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Ir. Syaad Patmanthara, M.Pd., (2) Drs. Wahyu Sakti G.I., M.Kom.

Kata Kunci : Etika kerja dalam praktikum, komitmen terhadap tugas, kesiapan kerja

Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) harus bisa siap bekerja ditengah persaingan dunia kerja serta dengan banyaknya lapangan pekerjaan yang membutuhkan sumber daya manusia atau tenaga kerja yang berpengalaman dan memiliki skill khusus. Pemenuhan kebutuhan lulusan SMK yang dapat bersaing di dunia kerja, dapat diperhatikan melalui proses pembelajaran selama di sekolah. Pembelajaran di sekolah dapat dibagi menjadi dua yaitu pembelajaran akademis dan non-akademis. Pembelajaran akademis (hard skill) adalah pembelajaran berupa ilmu pengetahuan tertentu sesuai dengan bidang yang ditekuni. Pembelajaran non-akademis (soft skill) adalah pengembangan kepribadian, bakat, dan kemampuan di berbagai bidang diluar bidang akademis. Etika kerja dan komitmen adalah nilai-nilai soft skill yang harus dimiliki lulusan SMK sebagai pemenuhan kebutuhan soft skill di dunia kerja. Untuk masuk ke dalam dunia kerja tentunya harus memiliki suatu hal yang disebut dengan etika. Semua pekerjaan pasti terdapat suatu etika yang sangat penting untuk dititik beratkan. Tidak hanya etika, komitmen dalam bekerja termasuk dalam soft skill yang harus dimiliki lulusan SMK. Dengan komitmen tersebut, karyawan mampu menjadi lebih bertanggung jawab atas pekerjaannya. Hal tersebut dapat disebut juga dengan komitmen terhadap tugas.

Penelitian ini bertujuan untuk :

(1) mendeskripsikan etika kerja dalam praktikum (X1),

(2) mendeskripsikan komitmen terhadap tugas (X2),

(3) mendeskripsikan kesiapan bekerja (Y),

(4) mengungkapkan hubungan antara etika kerja dalam praktikum dengan kesiapan bekerja,

(5) mengungkapkan hubungan antara komitmen terhadap tugas dengan kesiapan bekerja,

(6) mengungkapkan hubungan antara etika kerja dalam praktikum dan komitmen terhadap tugas secara simultan terhadap kesiapan kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dan bersifat Ex Post Facto

Hasil penelitian menunjukkan bahwa

(1) tingkat etika kerja dalam praktikum pada siswa masuk dalam kategori sangat tinggi (53%),

(2) tingkat komitmen terhadap tugas pada siswa masuk dalam kategori tinggi (57%),

(3) tingkat kesiapan kerja pada siswa masuk dalam kategori tinggi (51%),

(4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara etika kerja dalam praktikum terhadap kesiapan kerja siswa,

(5) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara komitmen terhadap tugas dengan kesiapan kerja siswa,

 

(6) terdapat hubungan secara simultan antara antara etika kerja dalam praktikum dan komitmen terhadap tugas dengan kesiapan kerja siswa.