SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ROBOT ACKERMANN STEERING PENJEJAK GARIS SEBAGAI TRAINER PEMBELAJARAN MATAKULIAH ROBOTIKA DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Dewantoro Adhiatma

Abstrak


ABSTRAK

Dewantoro, Adhiatma. 2019. Robot Ackermann Steering Penjejak Garis Sebagai Trainer Pembelajaran Matakuliah Robotika di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Eng. Siti Sendari S.T., M.T. (II) I Made Wirawan, S.T., S.S.T., M.T.

Kata Kunci : Robot Ackermann Steering, Trainer, Matakuliah Robotika

Matakuliah Robotika I pada program studi S1 Pendidikan Teknik Elektro memiliki kompetensi dasar mengkategorikan robot, menyusun sistem pergerakan robot dan sistem steering robot, otomasi robot menggunakan sensor, merakit dan menguji robot line follower, wall follower, robot lengan, serta trajectory dan navigasi robot (Katalog FT-UM, 2014:221). Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti, pembelajaran matakuliah robotika di jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang masih dilakukan hanya dengan penyampaian materi dan belum disertai dengan praktikum yang memadai sehingga pemahaman peserta didik khususnya pada kompetensi dasar sistem steering robot belum optimal. Hal ini dikarenakan belum adanya media pembelajaran berupa trainer robot ackermann steering penjejak garis di laboratorium robotika jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Solusi dari permasalahan di atas adalah mengembangkan media pembelajaran trainer robot ackermann steering penjejak garis yang dilengkapi dengan jobsheet dan buku petunjuk penggunaan trainer yang diharapkan dapat membantu dalam pembelajaran matakuliah robotika.

Model pengembangan yang digunakan pada penelitian pengembangan ini mengadopsi dari model penelitian dan pengembangan Sugiyono yang dalam penerapannya terdiri beberapa langkah, yaitu:

(1) potensi dan masalah,

(2) pengumpulan data,

(3) desain produk,

(4) validasi desain,

(5) revisi desain,

(6) uji coba produk,

(7) revisi produk,

(8) uji coba pemakaian,

(9) revisi produk,

(10) produk akhir. Produk yang dihasilkan dari pengembangan ini adalah trainer robot ackermann steering penjejak garis disertai dengan jobsheet dan buku petunjuk penggunaan trainer. Pengembangan trainer, jobsheet dan buku petunjuk penggunaan trainer mengacu pada kriteria pemilihan media pembelajaran yang baik dan disusun berdasarkan beberapa aspek yaitu:

(1) efektifitas,

(2) kemudahan,

(3) kesesuaian,

(4) kelengkapan,

(5) komunikatif dan

(6) tampilan.

Produk yang dihasilkan telah di ujikan kepada subjek uji coba yaitu ahli 1, ahli 2 dan mahasiswa. Pengujian produk oleh ahli 1 dan ahli 2 dilakukan untuk menilai seberapa valid produk. Pengujian produk oleh mahasiswa dilakukan pada saat tahap uji coba produk dan uji coba pemakaian yang bertujuan untuk menilai kelayakan produk yang dikembangkan. Persentase yang di dapatkan pada saat validasi dari ahli 1 sebesar 92,95% dan dari ahli 2 sebesar 89,74%. Persentase yang didapatkan pada saat uji coba produk sebesar 90,65% dan pada saat uji coba pemakaian sebesar 92,07%. Berdasarkan hasil analisis skor yang diperoleh tersebut maka media pembelajaran dapat dinyatakan sangat valid, layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran.