SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Trainer Sistem Pneumatik dengan Kendali PLC untuk Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro dalam Matakuliah Workshop Otomasi Industri

Yuntoro Sandi Bagas

Abstrak


ABSTRAK

Yuntoro, Sandi Bagas. 2019. Pengembangan Trainer Sistem Pneumatik dengan Kendali PLC untuk Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro dalam Matakuliah Workshop Otomasi Industri. Pembimbing: (I) Drs. Slamet Wibawanto, M.T., (II) Drs. Hari Putranto, M.Pd.

Kata Kunci: Trainer, Modul, Workshop Otomasi Industri

Workshop Otomasi Industri merupakan matakuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Elektro. Pada kurikulum S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang tahun 2014 disebutkan bahwa workshop otomasi industri memiliki standar kompetensi yaitu mengidentifikasi kebutuhan, mendesain, dan menerapkan sistem otomasi industri (kendali proses) yang meliputi sistem kendali magnetik, on-off berbasis rangkaian digital, mikrokontroler, dan PLC (Programmable Logic Controller).

Berdasarkan data hasil observasi dan wawancara, diketahui bahwa Laboratorium Sistem Kendali terdapat banyak trainer PLC, namun sebagian hanya berbentuk media pembelajaran yang kurang aplikatif, seperti contohnya pada trainer lift dan crane yang hanya memiliki output berupa lampu saja, sehingga kurang menggambarkan cara kerja alat seperti aslinya, oleh karena itu dibutuhkan trainer PLC yang lebih aplikatif untuk menunjang pembelajaran praktikum agar memudahkan mahasiswa belajar tentang sistem kendali di bidang otomasi industri.

Tujuan dari penelitian ini adalah:

(1) Merancang dan membuat trainer sistem pneumatik dengan kendali PLC;

(2) Merancang dan membuat modul petunjuk penggunaan trainer; dan

(3) Menguji kelayakan trainer sistem pneumatik dengan kendali PLC dan modul petunjuk penggunaan; dan

(4) Menghasilkan trainer dan modul yang sudah teruji.

Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan yang Sugiyono yang memiliki 10 langkah sebagai berikut:

(1) potensi dan masalah;

(2) pengumpulan data;

(3) desain produk;

(4) validasi desain;

(5) revisi desain;

(6) uji coba produk;

(7) revisi produk;

(8) uji coba pemakaian;

(9) revisi produk; dan

(10) produksi massal

Sampel penelitian ini meliputi mahasiswa S1 PTE 2016 yang sudah atau sedang menempuh matakuliah workshop otomasi industri dengan jumlah sampel 30 orang. Alat pengumpulan data berupa angket, teknik analisis data menggunakan perhitungan persentase. Berdasarkan analisis, diperoleh hasil persentase rata-rata dari ahli sebesar 98,35% untuk trainer dan 97,69% untuk modul, dari kelompok uji coba kelompok kecil didapatkan hasil 87,30% untuk trainer dan 85,54% untuk modul, sedangkan dari uji coba kelompok besar didapatkan hasil 89,56% untuk trainer dan 88,64% untuk modul, sehingga dapat disimpulkan bahwa trainer dan modul sangat valid yang berarti layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Penelitian pengembangan yang dilakukan telah menghasilkan produk berupa trainer sistem pneumatik dengan kendali PLC sebagai media pembelajaran, Penelitian pengembangan yang dilakukan telah menghasilkan produk berupa modul petunjuk penggunaan sebagai bahan, Setelah dilakukan validasi dan uji coba, maka didapatkan hasil rata-rata yang menyatakan bahwa trainer dan modul sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran praktikum pada matakuliah Workshop Otomasi Industri di Jurusan Teknik Elektro, dan Trainer dan modul telah teruji kelayakannya, hal ini dibuktikan dengan trainer dan modul yang sudah memenuhi semua aspek penilaian yang ada sehingga dapat dikatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran praktikum.

 

ABSTRACT

Yuntoro, Sandi Bagas. 2019. Development of Pneumatic system Trainers with PLC Control for Undergraduate degree of Electrical Engineering Education in the Industrial Automation Workshop Courses. Advisors: (I) Drs. Slamet Wibawanto, M.T., (II) Drs. Hari Putranto, M.Pd.

Keywords: Trainer, Module, Industrial Automation Workshop

The Industrial Automation Workshop is a compulsory course for the undergraduate degree in Electrical Engineering Education. In the 2014 curriculum of Electrical Engineering Education, State University of Malang, it was stated that industrial automation workshops have competency standards, namely identifying needs, designing, and implementing industrial automation systems (process control) which include magnetic control systems, on-off digital circuit based, microcontrollers, and PLC (Programmable Logic Controller).

Based on data from observations and interviews, it is known that the Control System Laboratory has many PLC trainers, but some are only in the form of less applicable learning media, for example in elevator trainers and cranes which only have lights in the form of lights, so they do not reflect the workings of the original Therefore, more applicable PLC trainers are needed to support practical learning so that students can easily learn about control systems in the field of industrial automation.

This development research uses a development model that Sugiyono has 10 steps as follows:

(1) potential and problems;

(2) data collection;

(3) product design;

(4) design validation;

(5) design revisions;

(6) product testing;

(7) product revisions;

(8) trial use;

(9) product revisions; and

(10) mass production.

The research sample includes 2016 for the Undergraduate degree in Electrical Engineering Education who have or are currently taking industrial automation workshops with a sample of 30 people. Data collection tools in the form of questionnaires, data analysis techniques using percentage calculations. Based on the analysis, the results of the average percentage of experts were 98.35% for trainers and 97.69% for the modules, from the small group trial group, 87.30% for trainers and 85.54% for modules, while from Large group trials obtained 89.56% results for trainers and 88.64% for modules, so it can be concluded that trainers and modules are very valid which means they are suitable for use in the learning process.

The development research carried out has produced a product in the form of a pneumatic system trainer with PLC control as a learning media. The development research carried out has produced a product in the form of a user manual module as an ingredient. After validation and testing, the average results obtained indicate that the trainer and the module is very valid and feasible to use in practical learning at the Industrial Automation Workshop course in the Electrical Engineering Department, and the feasibility of the Trainer and module is proven by trainers and modules who have fulfilled all aspects of the assessment so that it is feasible to be used in learning practice