SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TUTORIAL TERPEROGRAM BERMUATAN PROBLEM BASE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PEMBANGKIT LISTRIK MIKRO HIDRO SISWA KELAS X dI SMK PGRI 3 MALANG M

Wahyu Bagus Wijaya.

Abstrak


ABSTRAK

Wahyu Bagus Wijaya . 2019  Pengembangan Media Pembelajaran Tutorial Terprogram  Bermuatan  Problem Base Learning ( PBL ) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) Pada Siswa Kalas X Jurusan  Pembangkit di SMK PGRI 3 Malang . Skripsi S1 Pendidikan Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas   Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Yuni Rahmawati,S,T.,M.T.(II) Drs. Hari Putranto, M.Pd.

Kata Kunci: Pengembangan  Media  Pembelajaran Tutorial Terprogram ,Model Pembelajaran PBL ,Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro , Penggerak Mula .

Pembangkitan listrik mikrohidro adalah pembangkitan listrik dihasilkan oleh generator listrik DC atau AC. Mikrohidro berasal dari kata micro yang berarti kecil dan hydro artinya air, arti keseluruhan  adalah pembangkitan listrik daya kecil yang digerakkan oleh tenaga air. Tenaga air besaral dari aliran sungai kecil atau danau yang dibendung dan kemudian dari ketinggian tertentu dan memiliki debit yang sesuai akan menggerakkan turbin yang dihubungkan dengan generator listrik.Berdasarkan hasil observasi di SMK PGRI 3 Malang , melalui guru pengampu mata pelajaran Teknik Mekanik Pembangkit dan kurikulum  diketahui bahwa ada 3 tiga  program keahlian yang sama-sama berkaitan  dan perlu di berikan wawasan  baru tentang  Renewable Energy PLTMH  , yaitu adalah Teknik Listrik Pembangkit (PJB Class) ,Teknik Istrumen Pembangkit (PJB Class)  dan Teknik Mekanik  Pembangkit (PJB Class) . Pembelajaran tentang Penggerak Mula secara manual dan tidak di implementasikan secara langsung dengan Animasi tutorial atau media penunjang lainnya yang bertujuan mempermudah siswa untuk memahami pelajaran yang disampaikan akan kurang efektif di ilmu baru seperti Pembangkit Listrik Tenaga Listrik (PLTMH) ini .