SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Self Actualization dan Adaptability Capability Terhadap Kemandirian dalam Memutuskan Kerja Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian TKJ SMK Negeri di Kota Malang

Irfina Unaiyahroya Ismi

Abstrak


ABSTRAK

Irfina Unaiyahroya, Ismi. 2018. Hubungan Self Actualization dan Adaptability Capability Terhadap Kemandirian dalam Memutuskan Kerja Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian TKJ SMK Negeri di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Wahyu Sakti., G.I., M.Kom., Pembimbing (II) Triyanna Widiyaningtyas., S.T., M.T.

Kata kunci: Self Actualization, Adaptability Capability, Kemandirian dalam memutuskan kerja.

Kemandirian merupakan sikap yang harus dimiliki oleh setiap individu. Individu dikatakan mandiri apabila ia dapat melakukan aktivitas dan kegiatan secara mandiri tanpa perlu bergantung pada orang lain. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kemandirian salah satunya adalah kemampuan individu dalam mengenali potensi diri atau biasa disebut aktualisasi diri. Selain itu, faktor yang tidak kalah pentingnya adalah adaptability capability (kemampuan adaptasi) terhadap dunia kerja merupakan suatu kemampuan yang dimiliki siswa SMK dalam melakukan penyesuaian diri terhadap perubahan keadaan lingkungan yang ada pada dunia kerja. Oleh karena itu, perlu adanya suatu penelitian untuk mengetahui bagaimana kedua faktor tersebut dapat merubah siswa menjadi lebih mandiri dalam mengambil keputusan untuk dirinya sendiri. Tujuan penelitian ini adalah:

(1) Mengetahui hubungan self actualization terhadap kemandirian dalam memutuskan kerja.

(2) Mengetahui hubungan adaptability capability terhadap kemandirian dalam memutuskan kerja.

(3) Mengetahui hubungan self actualization dan adaptability capability secara simultan terhadap kemandirian dalam memutuskan kerja siswa kelas XII Kompetensi Keahlian TKJ SMK Negeri di Kota Malang.

Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional yang bersifat expost facto. Populasi dalam penelitian ini merupakan siswa kelas XII Kompetensi Keahlian TKJ SMKN 3, SMKN 4, dan SMKN 10 di Kota Malang yang berjumlah 310 orang. Sedangkan sampel penelitian berjumlah 150 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang digunakan secara acak berdasarkan strata atau tingkatan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa,

(1) 54% siswa SMK memiliki tingkat self actualization yang tinggi dan ada hubungan yang signifikan antara self actualization dengan kemandirian dalam memutuskan kerja sebesar 4,1%.

(2) sekitar 52% siswa yang diteliti memiliki adaptability capability yang tergolong sangat tinggi dan ada hubungan antara adaptability capability dengan kemandirian dalam memutuskan kerja sebesar 17,5%.

(3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara simultan antara self actualization dan adaptability capability terhadap kemandirian dalam memutuskan kerja sebesar 21,6%.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan  yang positif dan signifikan pada setiap variabel untuk mempengaruhi kemandirian siswa dalam memutuskan kerja setelah lulus sekolah sehingga siswa mampu memilih pekerjaan yang sesuai dengan minat dan potensi yang dimiliki.

 

ABSTRACT

Irfina Unaiyahroya, Ismi. 2018. Relationship between Self Actualization and Ability to Adapt to Independence in Deciding the Work of Class XII Students in TKJ Vocational Competency in State Vocational Schools in Malang City. Thesis, Department of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, Malang State University. Advisor (I) Drs. Wahyu Sakti., G.I., M.Kom., Advisor (II) Triyanna Widiyaningtyas., S.T., M.T.

Keywords: Self Actualization, Adaptation Ability, Independence in deciding work.

Independence is an attitude that must be owned by each individual. Individuals who are approved independently can carry out independent activities and activities without needing to others. There are several factors that influence independence. One of them is the ability of individuals in their potential or commonly called self-actualization. In addition, an equally important factor is the ability of adaptation (adaptability) to the world of work is the ability possessed by vocational students in an effort to improve themselves against the environmental changes that exist in the world of work. Therefore, there is a need for research to study how these two factors can change students to be more independent in making decisions for themselves. The purpose of this study are:

(1) Knowing the relationship of self-actualization to independence in deciding work.

(2) Knowing the relationship of adaptive ability to independence in deciding work.

(3) Knowing the relationship of self-actualization and adaptation ability simultaneously to independence in deciding the work of class XII TKJ Expertise Competencies in State Vocational Schools in Malang City.

The research method used was quantitative with an expost facto descriptive correlational research design. The population in this study is class XII TKJ Expertise Competency of SMK 3, SMK 4, and Vocational High School 10 in Malang City, amounting to 310 people. While the study sample amounted to 150 people. The sampling technique uses the stratified random sampling technique, which is a sampling technique that is used randomly based on strata or levels.

The results showed that,

(1) 54% of vocational students had high levels of actualization and there was a significant relationship between actualization and independence in deciding work at 4.1%.

(2) around 52% of students studied have very high adaptability capability and there is a relationship between adaptability capability and independence in deciding work at 17.5%.

(3) there is a positive and significant relationship simultaneously between self actualization and adaptability capability to independence in deciding work at 21.6%.

 

The conclusion of this study is that there is a positive and significant relationship on each variable to influence the independence of students in deciding work after graduating so that students are able to choose jobs that are in accordance with their interests and potential.