SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Trainer Jam Waktu Sholat Berbasis Audio Untuk Menstimulasikan Pemahaman Program Aplikasi Mata Pelajaran Pemrograman, Mikroprosesor, dan Mikrokontroler Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Kediri

Arifin Muhammad Bagus

Abstrak


ABSTRAK

Arifin, Muhammad Bagus. 2019. Pengembangan Trainer Jam Waktu Sholat Berbasis Audio Untuk  Menstimulasikan Pemahaman Program Aplikasi Mata Pelajaran Pemrograman, Mikroprosesor, dan Mikrokontroler Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Kediri. Skripsi, S1 Pendidikan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Ilham Ari Elbaith Zaeni, S.T., M.T., Ph.D. (II) Dyah Lestari, S.T., M.Eng.

Kata Kunci : pengembangan, trainer, jam waktu sholat.

Pendidikan menengah kejuruan mengutamakan pengembangan kemampuan peserta didik untuk melaksanakan pekerjaan tertentu (Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1990). Peserta didik dapat melakukan pekerjaan tertentu harus didasari dengan pencapaian kompetensi yang membutuhkan media atau alat peraga yang sesuai dengan kompetensi keahlian dan industri. Media yang digunakan pada saat pembelajaran dan praktikum disesuaikan dengan kompetensi keahlian dan bersifat kebaruan. Kompetensi keahlian Teknik Audio Video di SMK N 1 Kediri disajikan mata pelajaran Pemrograman, Mikroprosesor dan Mikrokontroler setelah diterapkannya kurikulum 2013 revisi 2017. Namun, belum tersedia media yang digunakan untuk pembelajaran dan masih rendahnya pemahaman siswa terkait kompetensi dasar pada Pemrograman, Mikroprosesor dan Mikrokontroler. Sehingga pada program keahlian tersebut membutuhkan media sebagai stimulus pencapaian kompetensi.

Berdasarkan hasil observasi diatas, media yang dikembangkan berupa trainer, jobsheet, dan manual book jam waktu sholat berbasis audio untuk kompetensi dasar memahami pemrograman dengan mikrokontroler dan merencanakan program aplikasi sederhana dengan mikrokontroler. Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu merancang, mengembangkan, menguji, dan mengimplementasikan media. Model pengembangan yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan Sugiyono, dengan tahap-tahap:

(1) potensi dan masalah;

(2) pengumpulan data;

(3) desain produk;

(4) validasi desain;

(5) revisi desain;

(6) pembuatan produk;

(7) uji coba produk;

(8) revisi produk;

(9) uji coba pemakaian;

(10) revisi produk; dan

(11) produk akhir.

Hasil dari pengembangan trainer, jobsheet, dan manual book divalidasi oleh ahli 1 memperoleh skor 93,1% (sangat valid) dan ahli 2 memperoleh skor 97,84% (sangat valid). Hasil angket uji coba oleh siswa mendapat skor 93,87% (sangat valid) dan untuk melihat kelayakan oleh guru dilakukan validasi dengan memperoleh skor 93,79% (sangat valid). Berdasarkan skor tersebut, trainer, jobsheet, dan manual book jam waktu sholat berbasis audio dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. hasil uji coba pemakaian trainer, jobsheet, dan manual book diketahui dari rata-rata hasil belajar siswa, yaitu 87,64 ranah keterampilan dan 81,88 ranah pengetahuan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa trainer, jobsheet, dan manual book jam waktu sholat berbasis audio dapat menstimulasikan pemahaman siswa mengenai pemrograman dan aplikasi mikrokontroler.