SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS KONTINGENSI SALURAN TRANSMISI TERHADAP SISTEM KELISTRIKAN 150 kV MALANG RAYA

Mellynda Dwi Marda Putri

Abstrak


Kontingensi didefinisikan sebagai suatu keadaan yang tidak diharapkan yang terjadi dalam durasi singkat pada sistem tenaga listrik. Adanya kontingensi dapat menyebabkan lepasnya salah satu elemen tenaga listrik seperti lepasnya saluran transmisi pada sistem. Jika dibiarkan kontingensi dapat mengakibatkan suatu sistem dalam keadaan berbahaya dengan kontingensi bertingkat dan terjadi blackout pada sistem. Kajian ini membahas mengenai kontingensi berupa lepasnya saluran transmisi 150 kV pada sistem kelistrikan Malang Raya. Tujuan peneltian ini adalah menganalisis bagaimana dampak yang ditimbulkan dari kontingensi terdadap sistem kelistrikan Malang Raya. Analisis kontingensi mempermudah operator mengetahui saluran yang terlepas dari sistem dan berpotensi membahayakan sistem. Simulasi kontingensi saluran akan dilakukan menggunakan software untuk mengetahui nilai aliran daya pada sistem. Metode aliran daya AC dengan metode Newton Rapson digunakan pada simulasi ini. Kontingensi saluran transmisi akan dilakukan dengan beberapa skenario. Dimana hasil dari setiap skenario akan diurutkan berdasarkan ranking kontingensi menggunakan metode Performance Index. Demikian hasil ranking kontingensi dapat digunakan untuk menganalisis keadaan sistem setelah adanya kontingensi dan merencanakan tahap selanjutnya untuk meminimalisir lepasnya saluran transmisi dan antisipasi di lain waktu.

Berdasarkan hasil yang didapatkan pada kondisi normal sebelum kontingensi Sistem Kelistrikan 150 kV Malang Raya mendapatkan supplai terbesar diperoleh pada power grid infinite sebesar 133,213 MW. Generator wlingi beroperasi sebesar 32% dan generator sutami beroperasi sebesar 30%. Tegangan sistem pada kondisi sebelum kontingensi mengalami rata-rata penurunan tegangan sebesar 1% dari tegangan nominal sistem. Hasil perhitungan Performance Index pada setiap skenario kontingensi 1 sampai 8 pada sistem kelistrikan 150 kV Malang Raya dengan ranking pertama bernilai 1,614188. Ranking pertama tersebut menyebabkan bus G.Wlingi.