SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Instalasi Listrik PT. Emina Cheese Indonesia

Nimas Afina

Abstrak


Instalasi listrik merupakan rangkaian listrik yang menghubungkan sumber tenaga listrik dengan peralatan listrik dengan kondisi sambungan yang harus berkualitas baik. Kualitas instalasi listrik ini bergantung pada perencanaan, pelaksanaan dan penerapan yang sesuai dengan standart peraturan yang berlaku, yaitu yang tertulis dalam Persyaratan Umum Instalasi Listrik (PUIL 2011), SNI, Permenkes No. 70 Tahun 2016 dan sumber lainnya. Penyesuaian instalasi listrik terhadap peraturan yang berlaku ini bertujuan agar instalasi listrik yang terpasang aman untuk manusia dan peralatan listrik serta mampu menyalurkan energi listrik dengan baik untuk konsumen.

PT. Emina Cheese Indonesia merupakan salah satu industri makanan yang mulai beroperasi awal tahun 2018. Karena merupakan pabrik baru maka,  faktor keandalan, keamanan dan keselamatan dalam pemasangan instalasi listrik penting untuk disesuaikan dengan peraturan yang ada agar konstruksi instalasi yang dipasang berhasil sehingga memerlukan evaluasi terhadap instalasi listrik yang terpasang, meliputi pembebanan kabel pada sambungan penerangan, AC dan EF, kesesuaian MCB yang digunakan untuk mengamankan sambungan serta kuat penerangan dalam pabrik yang terpasang.

Berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan didapatkan hasil berupa terdapat beberapa kekurangan pada instalasi listrik yang terpasang, yaitu kurang sesuainya MCB yang digunakan untuk mengamankan sambungan, beberapa ruangan yang memiliki tingkat pencahayaan yang kurang atau lebih dari peraturan yang diperbolehkan. Sedangkan untuk pembebanan kabel, hasil evaluasinya yaitu sudah sesuai dengan PUIL 2011.