SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Pada Matakuliah Perencanaan PembelajaranDengan Menggunakan Peta Konsep Untuk Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang

Rosa Sam Primodia Agustina

Abstrak


Kata Kunci :Pengembangan, Media, Perencanaan Pembelajaran, Peta Konsep

Perencanaan Pembelajaran adalah salah satu matakuliah pada program studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang. Pada Matakuliah ini terdapat 2 sks yang harus ditempuh oleh mahasiswa. Dalam proses pembelajarannya yang digunakan selama ini adalah dengan memberi penugasan pada mahasiswa untuk mencari sendiri referensi buku yang mendukung materi Matakuliah Perencanaan Pembelajaran. Hasil observasi yang dilakukan peneliti adalah sebagian besar mahasiswa mengalami kesulitan belajar karena kurangnya referensi sumber belajar untuk mahasiswa. Selaras dengan berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, maka perluadanya media pembelajaran dengan menggunakan peta konsep yang mencakup materi lebih menarik dan mudah dipahami sehingga mahasiswa dapat menguasai materiPerencanaanPembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran pada Matakuliah Perencanaan Pembelajaran dengan menggunakan Peta Konsep, serta untuk menguji kevalidan media yang dikembangkan. Model yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan Sadiman. Langkah-langkah dari model pengembangan Sadiman yaitu,

(1) Identifikasi kebutuhan,

(2) Perumusan tujuan,

(3) Perumusan materi,

(4) Perumusan alat ukur keberhasilan,

(5) Penulisan Naskah media,

(6) Uji coba,

(7) Naskah siap diproduksi.

Penguji validasi pada pengembangan media ini adalah ahli materi, ahli media dan mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang yang sudah menempuh Matakuliah Pernecanaan Pembelajaran. Instrumen untuk pengumpulan data menggunakan angket rating scale dan dihitung dengan menggunakan rumus Akbar.

 

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka didapatkan presentase validitas ahli materi sebesar 90% yang tergolong sangat valid, presentase validitas ahli media sebesar 87,50% yang tergolong sangat valid, presentase hasil uji coba kelompok kecil sebesar 84,05% yang tergolong cukup valid, dan presentase hasil uji coba kelompok besar 85,88% yang tergolong sangat valid. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Matakuliah Perencanaan Pembelajaranlayak digunakan.