SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN SOCIAL SUPPORT DAN SELF REGULATION DENGAN KESIAPAN DALAM ASPEK SOSIAL SEBAGAI GURU PADA MAHASISWA S1 PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MALANG

MUZAYANA EVI AYU ANDRIANI

Abstrak


ABSTRAK

Muzayana, Evi Ayu Andriani. 2019. Hubungan Social Support dan Self Regulation dengan Kesiapan Dalam Aspek Sosial Sebagai Guru pada Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Setiadi Cahyono Putro, M.Pd., M.T., (II) Dr. Yuni Rahmawati, S. T.,  M. T

 

Kata Kunci: Social Support, Self Regulation dan Kesiapan Dalam Aspek Sosial Sebagai Guru.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) membutuhkan guru profesional untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan globalisasi. kesiapan dalam aspek sosial sebagai guru penting dimiliki mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro (PTE) sebagai seorang guru profesional. Kesiapan mahasiswa S1 PTE dapat diukur menggunakan faktor internal dengan variabel self regulation dan faktor eksternal dengan variabel social support pada mahasiswa calon guru.

Penelitian ini bertujuan untuk:

(1) mendiskripsikan social support (X1), self regulation (X2), dan kesiapan dalam aspek sosial sebagai guru (Y),

(2) mengungkapkan signifikansi dan hubungan X1 dan Y,

(3) mengungkapkan signifikansi dan hubungan X2 dan Y,

(4) mengungkapkan signifikansi dan hubungan X1 dan X2  secara simultan dengan Y.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa S1 PTE UM sejumlah 114 mahasiswa aktif angkatan 2014. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Data yang diperoleh diuji dengan uji korelasi parsial dan uji hipotesis untuk mengungkapkan hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat baik secara parsial maupun secara simultan. Untuk mengukur variabel X1, X2  dan Y menggunakan instrumen penilaian berupa anget. Variabel X_1, X_(2  )dan Y memiliki tingkat reliabiltas secara berurutan adalah 0,740, 0,736 dan 0,725. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi parsial dan regresi ganda, analisis uji prasyarat, dan analisis sumbangan efektif-relatif menggunakan bantuan SPSS.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu

(1) X1, X2, dan Y dalam kategori cenderung tinggi

 

(2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 dan Y, X2 dan Y, dan X1 dan X2  secara simultan dengan Y. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aspek social support dan self regulation terdapat hubungan yang positif dengan kesiapan dalam aspek sosial sebagai guru pada mahasiswa S1 PTE.