SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Trainer Sistem Pneumatik dengan Kendali Mikrokontroler

Sugiari Sugiari

Abstrak


Sugiari. 2019. Pengembangan Trainer Sistem Pneumatik dengan Kendali Mikrokontroler. Skripsi, S1 Pendidikan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hari Putranto, M.Pd. (II) Drs. Slamet Wibawanto, M.T.

 

Kata kunci: Media Pembelajaran, Trainer, Modul, Kreatif.

Workshop Otomasi Industri merupakan matakuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Elektro. Dari hasil wawancara yang dilakukan terhadap dosen pengampu matakuliah Workshop Otomasi Industri, terdapat kekurangan media pembelajaran berupa trainer pneumatik di Laboratorium Sistem Kendali. Sebagai calon guru di SMK, mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro diharapkan mahir dan kreatif dalam mengembangkan media pembelajaran khususnya trainer. Dengan adanya trainer, akan meningkatkan ketertarikan, motivasi, dan keinginan peserta didik untuk bersungguh-sungguh dalam belajar. Pengembangan ini bertujuan untuk merancang dan membuat trainer sistem pneumatik dengan kendali mikrokontroler; merancang dan membuat modul petunjuk penggunaan trainer; menguji kelayakan trainer dan modul; dan menghasilkan trainer dan modul yang sudah teruji dan dapat diimplementasikan pada pembelajaran matakuliah Workshop Otomasi Industri Prodi S1 PTE Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.

Pengembangan ini menggunakan model R&D Sugiyono dengan prosedur sebagai berikut:

(1) Potensi dan Masalah,

(2) Pengumpulan Data,

(3) Desain Produk,

(4) Validasi Desain,

(5) Revisi Desain,

(6) Uji Coba Produk,

(7) Revisi Produk,

(8) Uji Coba Pemakaian,

(9) Revisi Produk,

(10) Produksi

Massal. Pengembangan ini menggunakan lembar observasi untuk mengetahui tingkat kelayakan produk sebelum produk dapat diimplementasikan pada kegiatan pembelajaran.

Produk yang dihasilkan dari pengembangan ini adalah trainer sistem pneumatik dengan kendali mikrokontroler dan modul petunjuk penggunaan. Trainer terdiri dari beberapa komponen penyusun yaitu modul power supply, sensor, pengkondisi sinyal, driver motor, sistem penumatik, belt konveyor, Arduino-Uno, Zelio Smart Relay, dan ATmega16. Sedangkan modul terdiri dari unit 1 (pengantar penggunaan modul), unit 2 (pengantar umum trainer), dan unit 3 (praktikum). Hasil validasi produk pengembangan diperoleh nilai rata-rata sebesar 93,85% untuk trainer dan 92,9% untuk modul.

Dari pengembangan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa:

(1) Telah dihasilkan trainer sistem pneumatik dengan kendali mikrokontroler yang terdiri dari beberapa komponen penyusun dengan fungsinya masing-masing;

(2) telah dihasilkan modul petunjuk penggunaan trainer yang terdiri dari unit 1 (pengantar penggunaan modul), unit 2 (pengantar umum trainer), dan unit 3 (praktikum);

(3) telah dihasilkan trainer dan modul yang dinyatakan layak oleh validator; dan

(4) telah dihasilkan trainer dan modul yang memiliki kelebihan dan keterbatasan dalam penggunaannya.