SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Estimasi Umur Transformator Distribusi Berdasarkan Pertumbuhan Beban dan Suhu Lingkungan Menggunakan Analisa Trend Linear di Penyulang Bolo PT PLN Rayon Woha Kabupaten Bima NTB

AZHAR FADLY

Abstrak


ABSTRAK

Azhar, Fadly. 2019. Estimasi Umur Transformator Distribusi Berdasarkan Pertumbuhan Beban dan Suhu Lingkungan Menggunakan Analisa Trend Linear di Penyulang Bolo PT PLN Rayon Woha Kabupaten Bima NTB. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Yuni Rahmawati, S.T., M.T., (II) Irham Fadlika, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: Transformator Distribusi, Beban, Suhu Lingkungan, Analisa Trend Linear, Susut Umur

 

Menurut International Electrotechnical Commission (IEC) 60076-7 tahun 2005 transformator memiliki umur normal 30 tahun ketika dibebani 100% dari nilai rating daya transformator, pada suhu hot spot 98 ℃ dan kondisi suhu sekitar 20 ℃. Standar tersebut tidak sesuai dengan transformator distribusi di Penyulang Bolo PLN Rayon Woha Kabupaten Bima yang mengalami pertumbuhan beban setiap tahun dan beroperasi pada kondisi temperatur lingkungan rata-rata 28 ℃. Kondisi pembebanan dan temperatur lingkungan sekitar selama transformator beroperasi dapat mempengaruhi susut umur transformator. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui susut umur transformator distribusi berdasarkan kenaikan beban transformator dan temperatur lingkungan sehingga dapat memprediksi sisa umur pemakaian transformator. Dalam penelitian ini menggunakan metode perhitungan estimasi sisa umur transformator berdasarkan pertumbuhan beban transformator yang diprediksi menggunakan analisa trend linear. Transformator distribusi yang dijadikan objek penelitian adalah transformator BO001 100 KVA tahun pemasangan 2010 dan transformator BO043 200 KVA tahun pemasangan 2012 yang beroperasi di Penyulang Bolo PLN Rayon Woha Kabupaten Bima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformator distribusi di Penyulang Bolo yang beroperasi pada suhu lingkungan rata-rata 28 ℃, memiliki batas pembebanan optimum 92,56% dari nilai rating daya transformator. Transformator akan mengalami pengurangan umur ketika dibebani diatas nilai tersebut. Berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan bahwa transformator BO001 memiliki estimasi sisa umur pemakaian 8 tahun dengan nilai peramalan beban tahun 2019 sebesar 58,38% sampai tahun 2026 sebesar 115,09% dari rating daya transformator. Sedangkan transformator BO043 memiliki estimasi sisa umur pemakaian 4 tahun dengan nilai peramalan beban tahun 2019 sebesar 83,39% sampai tahun 2022 sebesar 115,94% dari rating daya transformator.