SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Pemahaman Konsep Instalasi Motor Listrik karena penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Simulasi EKTS dibandingkan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Trainer pada siswa kelas XII TITL di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi.

KURNIAWAN PANGGAH

Abstrak


ABSTRAK

Kurniawan,Panggah. 2018. Perbedaan Pemahaman Konsep Instalasi Motor Listrik karena penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Simulasi EKTS dibandingkan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Trainer pada siswa kelas XII TITL di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hari Putranto, M.Pd., (II) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T., M.Pd.

 

Kata Kunci: Pemahaman Konsep, problem posing, problem solving

Model pembelajaan merupakan faktor pendukung untuk meningkatkan pemehaman konsep dari peserta didik. Berdasarkan hasil observasi di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi dikeketahui bahwa penerapan model pembelajaran yang digunakan kurang maksimal dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa agar lebih maksimal maka perlu diterapkan model pembelajaran yang lain agar siswa dapat memahami konsep secara menyeluruh. Model pembelajaran Problem Posing berbantuan simulasi EKTS dan Problem Solving berbantuan Trainer dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi perbedaan pemahaman konsep pada kelas yang belajar instalasi motor listrik menggunakan model pembelajaran problem posing berbantuan simulasi EKTS dan problem solving berbantuan trainer pada siswa kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi.

Metode yang akan digunakan pada penelitian ini yaitu eksperimen betul-betul (true experimental) dengan menggunakan pretest-posttest control grup design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling karena jumlah populasi dibawah 100. Teknik pengambilan data dengan instrumen tes tulis obyektif atau pilihan ganda. Setelah diuji coba intrumen tes tulis obyektif atau pilihan ganda memperoleh nilai reliabilitas 0,738.Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan bantuan metode Certainty of Response Index (CRI) dan Uji-t dengan bantuan SPSS.

Hasil analisis yang diperoleh dari penelitian ini yaitu kelas eksperimen 1 memperoleh nilai pemahaman konsep tertinggi sebesar 88,89 dan nilai terendah sebesar 74,07 dengan rata-rata yang dihasilkan 80,23 sedangkan kelas eksperimen 2 memperoleh nilai pemahaman konsep sebesar 85,19 dan nilai terendah sebesar 66,67 dengan rata-rata yang dihasilkan 76,05.Hasil uji hipotesis pemahaman konsep siswa antara kelas eksperimen 1 dan ekperimen 2 memiliki nilai signifikansi 0,018 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman konsep kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2.

 

ABSTRACT

Kurniawan, Panggah. 2018. The difference in Understanding of the Concept of Electric Motor Installation due to the application of Problem Posing Learning Model Assisted by EKTS Simulation compared to Learning Model of Problem Solving Assisted Trainer in class XII TITL students at Muhammadiyah 7 Gondanglegi Vocational School. Thesis, Department of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, Malang State University. Advisor (I) Drs. Hari Putranto, M.Pd., (II) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T., M.Pd.

 

Keyword: Understanding of the Concept, Problem Posing, Problem Solving

The learning model is a supporting factor to improve the understanding of concepts from students. Based on the results of observations in the Muhammadiyah 7 Gondanglegi Vocational School, it was found that the application of the learning model used was not optimal in improving students' conceptual understanding. To improve students' understanding of concepts to be more maximal, another learning model is needed so that students can understand the concept as a whole. Problem Posing learning model assisted by EKTS simulation and Problem Solving assisted Trainer can be used as alternative learning models that can improve students' conceptual understanding.

This study aims to determine the significance of the difference in conceptual understanding in the class studying electric motor installation using a problem posing learning model assisted by EKTS simulation and problem-solving assisted by trainers in class XII Electric Power Installation Techniques in Muhammadiyah 7 Gondanglegi Vocational School.

The method that will be used in this study is that the experiment is really (true experimental) using the pretest-posttest control group design. Sampling in this study uses a total sampling technique because the total population is below 100. Data collection techniques with objective or multiple choice are written test instruments. After testing the objective or multiple choice written test instruments obtained a reliability value of 0.738. Data analysis techniques used descriptive analysis with the help of the Certainty of Response Index (CRI) and t-test methods with the help of SPSS.

The results of the analysis obtained from this study are that the experimental class 1 obtained the highest concept understanding value of 88.89 and the lowest value of 74.07 with the average produced 80.23 while the experimental class 2 obtained the conceptual understanding value of 85.19and the value the lowest is 66.67 with the average produced 76.05. Hypothesis test results understanding students' concepts between experimental class 1 and experiment 2 have a significance value of 0.018, which means there is significant difference between the understanding of the concepts of the experimental class 1 and experimental class 2.