SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Occupational Skill dan Entrepreneurial Literacy terhadap Minat Entrepreneurship di Bidang TKI Siswa SMK di Kota Malang

FIRDAUS SUSANTI HIDAYATUL

Abstrak


ABSTRAK

Firdaus Susanti, Hidayatul. 2018. Hubungan antara occupational skill dan entrepreneurial literacy terhadap minat entrepreneurship di bidang TKI siswa SMK di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Wahyu Sakti., G.I., M.Kom., Pembimbing (II) Triyanna Widiyaningtyas., S.T., M.T.

Kata kunci: Occupational Skill, Entrepreneurial Literacy , Minat Entrepreneurship di bidang TKI.

Minat entrepreneurship di bidang TKI SMK di Kota Malang merupakan ketertarikan siswa terhadap kewirusahaan di bidang Multimedia khususnya desain grafis. Minat dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni ketertarikan, kebiasaan dan pengalaman yang dimiliki seorang siswa dari pembelajaran maupun kegiatan yang diselenggarakan pihak sekolah. Hasil pembelajaran yaitu keterampilan sesuai kompetensi keahlian. Penelitian ini bertujuan:

(1) mendiskripsikan occupational skill (X1), entrepreneurial literacy (X2) terhadap minat entrepreneurship (Y),

(2) mengungkapkan signifikansi dan hubungan X1 dan Y,

(3) mengungkapkan signifikansi dan hubungan X2 dan Y,

(4) mengungkapkan signifikansi dan hubungan X1 dan X2 secara simultan dengan Y.

Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan deskripsi korelasional serta merupakan penelitian expost facto. Sampel dari penelitian ini adalah siswa Multimedia kelas XI SMK di Kota Malang sebanyak 99 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah proporsional random sampling. Data yang didapatkan diolah melalui SPSS dengan uji korelasi parsial dan uji hipotesis untuk mengungkapkan hubungan antar variabel bebas dan variabel terikat secara parsial dan secara simultan. Variabel X1 diukur dengan dokumentasi nilai, sedangkan variabel X2 dan Y diukur dengan dokumentasi angket. Variabel  X2 dan Y memiliki tingat realibilitas secara berurutan 0,910 dan 0,800. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji prasyarat, korelasi parsial dan analisis regresi ganda, dan analisis sumbangan efektif dan sumbangan relatif menggunakan bantuan SPSS.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini  yaitu

(1) X1 dalam kategori cenderung sedang,

(2) X2 dalam kategori cenderung tinggi, dan

(3) terdapat hubungan signifikan antara X1 dan Y, X2 dan Y, dan X1,X2 secara simultan terhadap Y.

 

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara X1, X2 secara simultan terhadap Y dan  sumbangan relatif X1 terhadap Y sebesar 21,7 % dan X2 terhadap Y sebesar 78,3%. Sumbangan efektif X1 terhadap Y sebesar 5,6 %, X2 terhadap Y sebesar 20,1%.