SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Interpersonal Communication Skills dan Persepsi Terhadap Matakuliah Keguruan dengan Pedagogical Capability Sebagai Bekal Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika TE FT UM.

NUHA HANIFAH HASNA

Abstrak


ABSTRAK

Nuha, H.N. 2019. Hubungan Antara Interpersonal Communication Skills dan Persepsi Terhadap Matakuliah Keguruan dengan Pedagogical Capability Sebagai Bekal Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika TE FT UM. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Setiadi Cahyono Putro., M.Pd., M.T., (II) Drs. Dwo Prihanto, S.S.T., M.Pd.

 

Kata Kunci: Interpersonal communication skills, persepsi terhadap matakuliah keguruan, dan pedagogical capability.

Pedagogical capability merupakan salah satu dari empat kompetensi utama yang harus dimiliki oleh guru. Mahasiswa S1 S1 Pendidikan Teknik Informatika (PTI) sebagai calon guru, tentunya harus mempersiapkan dengan matang pedagogical capability sebagai bekal menjadi guru. Berdasarkan faktor yang mempengaruhi pedagogical capability sebagai bekal menjadi guru yakni: interpersonal communication skills dan persepsi terhadap matakuliah keguruan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk

(1) mendeskripsikan interpersonal communication skills (X1), persepsi terhadap matakuliah keguruan (X2), dan pedagogical capability sebagai bekal menjadi guru (Y),

(2) mengungkap signifikansi hubungan antara X1 dan Y,

(3) mengungkap signifikansi hubungan antara X2 dan Y, dan

(4) mengungkap signifikansi hubungan antara X1 dan X2 secara simultan dengan Y.

 

Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional serta bersifat ex post facto. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proposive sampling sehingga memperoleh sampel 128 mahasiswa S1 PTI dengan prasyarat mahasiswa tersebut telah mengikuti kegiatan Kajian Praktek Lapangan (KPL). Teknik pengambilan data dengan instrumen atau angket untuk variabel X1 dan X2 yang memperoleh nilai reliabilitas 0,874 dan 0,866. Sedangkan untuk variabel Y menggunakan daftar nilai akhir matakuliah keguruan. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi parsial dan regresi ganda, analisis uji prasyarat, dan analisis sumbangan prediktor dengan bantuan SPSS. Hasil analisis yang diperoleh dari penelitian ini yaitu variabel X1, X2, dan Y berada pada kategori tinggi. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara X1 dan Y, X2, dan Y, serta X1 dan X2 secara simultan terhadap Y.