SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA INTRAPERSONAL INTELLIGENCEDAN TINGKAT KEMANFAATAN KPL DENGAN KESIAPAN KOMPETENSI SOSIAL YANG BERMINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWAPROGRAM STUDI S1 PTI UNIVERSITAS NEGERI MALANG

SASMITA IKA

Abstrak


ABSTRAK

Sasmita, Ika. 2019. Hubungan antara Intrapersonal Intelligence dan Tingkat Kemanfaatan KPL dengan Kesiapan Kompetensi Sosial yang Berminat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi S1 PTI Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd., (II) Dila Umnia Soraya, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: intrapersonal intelligence, kemanfaatan KPL, kompetensi sosial

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika harus menghasilkan lulusan keguruan yang memiliki kecerdasan maupun kemampuan menjadi guru profesional. Salah satu kompetensi guru profesional yang penting dimiliki oleh lulusan Pendidikan Teknik Informatika yaitu kompetensi sosial. Kompetensi ini penting dimiliki dalam lingkungan masyarakat, lingkungan kampus maupun lingkungan sekolah. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kompetensi sosial mahasiswa antara lain intrapersonal intelligence dan Kajian Praktik Lapangan (KPL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi intrapersonal intelligence (X1), tingkat kemanfaatan KPL (X2), dan kesiapan kompetensi sosial (Y). Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intrapersonal intelligence dengan kesiapan kompetensi sosial (X1 dengan Y), tingkat kemanfaatan KPL dengan kesiapan kompetensi sosial (X2 dengan Y), serta untuk mengetahui hubungan antara intrapersonal intelligence dan tingkat kemanfaatan KPL dengan kesiapan kompetensi sosial (X1 dan X2 dengan Y). Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Program Studi S1 PTI Universitas Negeri Malang yang berminat menjadi guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional serta bersifat Ex Post Facto. Sampel yang digunakan merupakan mahasiswa Program Studi S1 PTI Universitas Negeri Malang angkatan 2015 yang berminat menjadi guru dengan jumlah 57 mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket pada semua variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:

(1) hubungan intrapersonal intelligence dan kesiapan kompetensi sosial dikategorikan kuat dengan koefisien korelasi sebesar 0,076,

(2) hubungan tingkat kemanfaatan KPL dan kesiapan kompetensi sosial dikategorikan sangat kuat dengan koefisien korelasi sebesar 0,832,

(3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara intrapersonal intelligence dan tingkat kemanfaatan KPL dengan kesiapan kompetensi sosial yang berminat menjadi guru pada Mahasiswa Program Studi S1 PTI Universitas Negeri Malang dengan koefisien korelasi sebesar 0,907 yang masuk dalam kategori sangat kuat. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu:

(1) mahasiswa yang berminat menjadi guru memiliki intrapersonal intelligence dalam kategori tinggi;

(2) mahasiswa yang berminat guru memiliki tingkat kemanfaatan KPL dalam kategori tinggi;

(3) mahasiswa yang berminat menjadi guru memiliki kesiapan kompetensi sosial dalam kategori sangat tinggi;

(4) terdapat hubungan positif dan signifikan antara intrapersonal intelligence dan kesiapan kompetensi sosial;

(5) terdapat hubungan positif dan signifikan antara tingkat kemanfaatan KPL dan kesiapan kompetensi sosial;

 

(6) terdapat hubungan positif dan signifikan antara intrapersonal intelligence dan tingkat kemanfaatan KPL dengan kesiapan kompetensi sosial.