SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Blended Learning pada Matakuliah Telekomunikasi untuk Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang

Ubaidillah Syafiq

Abstrak


ABSTRAK

Ubaidillah, Syafiq. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Blended Learning pada Matakuliah Telekomunikasi untuk Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Muladi, S.T., M.T., (2) I Made Wirawan, S.S.T., M.T.

 

Kata kunci: Pengembangan , Bahan Ajar, Blended Learning, Telekomunikasi.

Telekomunikasi merupakan Matakuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa S1 Pendidikan Teknik ElektroUniversitas Negeri Malang. Berdasarkan observasi awal di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang, didapatkan informasi bahwa belum ada bahan ajar yang dibuat secara spesifik dan terstruktur untuk Matakuliah Telekomunikasi. Strategi perkuliahan yang diterapkan adalah strategi konvensional. Selain itu mahasiswa dan dosen sudah memiliki perangkat elektronik yang dapat mengakses internet. Seiring dengan perkembangan zaman yang telah masuk pada era revolusi industri 4.0, maka perlu dilakukan penyesuaian terhadap strategi dan materi pembelajaran dalam perkuliahan. Blended learning merupakan salah satu alternatif strategi pembelajaran yang efektif untuk diterapkan dalam perkuliahan saat ini. Sehingga dilakukanlah penelitian dan pengembangan bahan ajar berbasis blended learning pada Matakuliah Telekomunikasi.

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk merancang, mengembangkan, dan mengujicobakan bahan ajar berbasis blended learninguntuk Matakuliah Telekomunikasi di Universitas Negeri Malang. Bahan ajar berbasis blended learning dikembangkan menggunakan model penelitian dan pengembangan menurut Sadiman (2010:100). Langkah-langkah dalam model penelitian dan pengembangan menurut Sadiman terdiri dari delapan, yaitu:

1) identifikasi kebutuhan,

2) perumusan tujuan,

3) perumusan butir-butir materi,

4) perumusan alat pengukur keberhasilan,

5) penulisan naskah,

6) uji coba produk,

7) revisi, dan

8) produksi masal.

Produk penelitian dan pengembangan dikembangkan dalam tiga bentuk bahan ajar, yaitu:

1) modul ajar digital dalam format pdf,

2) video ajar dalam format mp4, dan slide presentasi dalam format ppt.

Produk divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Kedua ahli tersebut merupakan dosen Matakuliah Telekomunikasi di Universitas Negeri Malang. Uji coba dilakukan dengan menyajikan modul ajar dan video ajar pada weblearning Jurusan Teknik Elektro FT-UM. Sedangkan video ajar disajikan melalui layar proyektor di depan kelas.Uji coba produk diterapkan pada 56 mahasiswa yang dibagi pada uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Hasil dari validasi materi adalah 89,1% dan validasi media 89%. Sedangkan hasil uji kelompok kecil adalah 86,13% dan evaluasi lapangan adalah 88,15%. Berdasarkan hasil tersebut, bahan ajar berbasis blended learning telah layak dan dapat digunakan pada perkuliahan Telekomunikasi.

 

ABSTRACT

Ubaidillah, Syafiq. 2019. Development of Learning Material Based on Blended Learning in Telecommunication Courses for Students of Electrical Engineering Education, Faculty of Engineering, State University of Malang. Undergraduate Thesis, Department of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, State University of Malang. Advisors: (1) Dr. Muladi, S.T., M.T., (2) I Made Wirawan, S.T.,S.S.T., M.T.

 

Keywords:Development, Learning Material, Blended Learning,Telecommunication.

Telecommunication is a compulsorysubjectfor undergraduate students of Electrical Engineering Education, Faculty of Engineering, State University of Malang. Based on the preliminary observation at the Department of Electrical Engineering, informarmations were obtainedthat there were no specific and structured learning material made for Telecommunication subjects. The course strategy applied is a conventional strategy. In a row of the 4.0 industrial revolution era, it is neccesary to adjust the strategies and learning materialsin courses. On the other hand, students and lecturers have had electronic devices that can acces internet. Blended learning is an alternative learning strategy that is effective to be implemented in currentlectures. Then, an research and development for learning materials based on blended learning is conducted in Telecommunication subject.

The purpose of this research and development is to design, develop, and test the feasibility and expedience of learning materials for Telecommunication subject in State University of Malang. Learning material based on blended learning strategy is developed using research and development model according to Sadiman (2010:100). The steps of Sadiman’s research and development model consist of eight, namely :

1) identification of needs,

2) formulation of objectives,

3) formulation of material items,

 4) formulation of measurement instruments of succes,

5) writing of manuscripts,

6) products trial,

7) revisions, and

8) mass production.

Reserach and development are developed in three forms of learning material, namely:

1) digital teaching modules in pdf format,

2) teaching videos in mp4 format, and

3) presentation slides in ppt format.

 

The products are validated by material and media experts. Both of them are Telecommunication lecturers in State University of Malang. The trial was conducted by presenting teaching modules and teaching videos on the weblearning of Department of Electrical Engineering, State University of Malang. Whereas presentation slide is served trough projector screen in front of class. Product trial was applied into 56 students divided into small group trial and field evaluation. The result of material validation is 89,1% and media validation is 89%. Whereas the result of small group trial is 86,13% and field evaluation is 88,15%. Based on the results, the material learning based on blended learning strategy has been feasible and can be used in Telecommunication courses.