SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PengaruhPenerapanModel Pembelajaran PBLDibandingkan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Motion Comic Pada Hasil BelajarPemprograman Dasar untuk Siswa Kelas X TKJ Di SMKN 11 Malang

Moh. Rokib

Abstrak


Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan Bapak Rizki Isfandi Wijaya selaku guru mata pelajaran pemprograman dasar pada jurusan teknik komputer dan jaringan, terdapat beberapa kendala yang ditemukan adalah pembelajaran yang ada masih bersifat konvensional. Artinya, kebanyakan siswa hanya duduk dan mendengarkan penjelasan dari guru, yang berakibat pada kurangnya rata-rata tingkat partisipasi belajar siswa sehingga hasil belajar siswa yang relatif rendah.

Penelitian ini bertujuan untuk:

(1) mengetahui perbedaan yang signifikan pada  pengetahuan antara siswa yang diajar dengan PBL berbantuan Motion Comic dan Mind Mapping berbantuan Motion Comic,

(2) mengetahui perbedaan yang signifikan padaketerampilan antara siswa yang diajar dengan PBL berbantuan Motion Comic dan Mind Mapping berbantuan Motion Comic. Pembelajaran menggunakan media Motion Comic berupa video tutorial yang digunakan sebagai alat bantu untuk penyampaian materi. Populasi dan sampel dalam penelitian adalah siswa SMK kelas X TKJ di SMKN 11 Malang yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa total sebanyak 58 siswa.

Metode penelitian ini menggunakan Quasi Experiment dengan Pretest-Posttest Group Design. Kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kelas A yang menerapkan model PBL berbantuan Motion Comicdan Kelas B yang menerapkan model Mind Mapping berbantuan Motion Comic. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi keterampilan, dan soal posttest yang berupasoalesai dengan jumlah 10 soal.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada pengetahuanhasil belajar siswa dengan nilai signifikansi Sig. (2-tailed) = 0,042. Namun tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan hasil belajar siswa sig. (2-tailed) = 0,536. Secara keseluruhan pada hasil belajar pengetahuan,dan keterampilan bahwa Kelas A yang menerapkan model PBL berbantuan Motion Comic memiliki rata-rata nilai lebih tinggi daripada Kelas B yang menerapkan model Mind Mapping berbantuan Motion Comic.