SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kontribusi Kemandirian Siswa Dan Ketersediaan Sarana Prasarana Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Jaringan Nirkabel Pada Siswa Kelas XII TKJ Di SMKN 8 Malang

ABDISARA WINA GALIH

Abstrak


ABSTRAK

Abdisara, Wina Galih. 2019. Kontribusi Kemandirian Siswa Dan Ketersediaan Sarana Prasarana Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Jaringan Nirkabel Pada Siswa Kelas XII TKJ Di SMKN 8 Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang.

 

Kata Kunci: Kontribusi, Kemandirian, Sarana Prasarana, Hasil Belajar

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kontribusi kemandirian siswa dan ketersediaan sarana prasarana terhadap hasil belajar mata pelajaran jaringan nirkabel pada siswa kelas XII TKJ di SMKN 8 Malang. Hasil belajar yang dimaksud dilihat dari nilai keterampilan dan nilai pengetahuan. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode expost facto. Jenis dan data analisis penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel penelitiannya adalah siswa kelas XII TKJ SMKN 8 Malang sebanyak 95 siswa. Pengumpulan data untuk variabel kemandirian dan variabel sarana prasarana dilakukan dengan angket sedangkan untuk variabel hasil belajar dilakukan dengan dokumentasi nilai. Analisis data meliputi deskriptif dan regresi.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan:

(1) ada kontribusi yang positif kemandirian siswa terhadap nilai keterampilan sebesar 14,1%,

(2) ada kontribusi yang positif kemandirian siswa terhadap nilai pengetahuan sebesar 19%,

(3) ada kontribusi yang poositif ketersediaan sarana prasarana terhadap nilai keterampilan sebesar 23,5%,

(4) ada kontribusi yang positif ketersediaan sarana prasarana terhadap nilai pengetahuan sebesar 7%,

(5) ada kontribusi yang positif kemandirian siswa dan ketersediaan sarana prasarana secara bersamaan terhadap nilai keterampilan sebesar 25,6%, dan

 

(6) ada kontribusi yang positif kemandirian siswa dan ketersediaan sarana prasarana secara bersamaan terhadap nilai pengetahuan sebesar 19,2%.