SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Hasil Belajar Pemrograman Web Berdasarkan Tingkat Minat Belajar dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Berbasis Epub dan Flash pada Siswa SMK Kelas X Program Keahlian Multimedia

ARDY ROBBY OCTARYAN

Abstrak


ABSTRAK

Ardy, Robby Octaryan. 2019. Perbedaan Hasil Belajar Pemrograman Web Berdasarkan Tingkat Minat Belajar dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Berbasis Epub dan Flash pada Siswa SMK Kelas X Program Keahlian Multimedia. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Ir. H. Syaad Patmantara, M.Pd., (2) I Made Wirawan, S.T., S.S.T., M.T.

 

Kata kunci: minat belajar, Problem Based Learning, media pembelajaran, hasil belajar pemrograman web

Kegiatan belajar mengajar merupakan proses interaksi antara peserta didik dengan pengajar. Salah satu permasalahan yang masih sering terjadi adalah tidak adanya media pembelajaran yang baik untuk mendukung KBM, dan berdampak pada hasil belajar siswa yang tidak memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam KBM yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan bantuan media pembelajaran berbasis EPub dan Flash, mengungkap adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, mengungkap adanya perbedaan hasil belajar, dan menganalisis hasil belajar yang paling signifikan dari kelompok mata pelajaran Pemrograman Web kelas X program keahlian Multimedia SMK Islam 1 Durenan.

Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan rancangan penelitian post-test only. Subjek yang digunakan dalam penelitian iniadalah kelas X program keahlian Multimedia SMK Islam 2 Durenan sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa pada masing-masing kelas sebanyak 32 orang siswa. Kelas tersebut kemudian dibagi menjadi 4 kelompok yang dibedakan berdasarkan minat belajar dan media pembelajaran yang digunakan. Sehingga terbentuk kelompok siswa dengan minat belajar tinggi dan minat belajar rendah yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning mengunakan bantuan media pembelajaran berbasis EPub, serta kelompok siswa dengan minat belajar tinggi dan minat belajar rendah yang dibelajarkan dengan bantuan media pembelajaran berbasis Flash. Uji hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan metode ANOVA dua jalur untuk mengetahui adanya pengaruh dan perbedaan hasil belajar siswa berdasarkan tingkat minat dan variasi media pembelajaran. Kemudian uuntuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang paling signifikan dilakukan dengan uji lanjutan Post-Hoc.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa:

(1) terdapat  pengaruh penggunaan media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan minat belajar terhadap hasil belajar, hal ini terlihat dari nilai signifikansi sebesar 0,044,

(2) terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas minat belajar tinggi dan minat belajar rendah yang menggunakan media pembelajaran berbasis EPub dan kelas minat belajar tinggi dan minat belajar rendah yang menggunakan media pembelajaran berbasis Flash, hal ini terlihat dari nilai hitung F sebesar 10,224 dengan nilai signifikansi sebesar 0,002,

(3) terdapat perbedaan nilai paling signifikan antara kelas minat belajar tinggi dan minat belajar rendah yang menggunakan media pembelajaran berbasis EPub dan kelas minat belajar tinggi dan minat belajar rendah yang menggunakan media pembelajaran berbasis Flash, hal ini terlihat dari nilai yang paling signifikan antara kelas EPub rendah – Flash rendah yakni 10,00 dengan nilai signifikansi 0,001, nilai kelas Flash tinggi – Flash rendah yakni 12,41 dengan nilai signifikansi 0,000, dan nilai kelas EPub tinggi – Flash rendah yakni 15,94 dengan nilai signifikansi 0,000, sedangkan pada kelas EPub tinggi – Epub rendah, kelas EPub tinggi – Flash tinggi, dan kelas Flash tinggi – Epub rendah tidak terdapat perbedaan yang signifikan.