SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Desain Grafis Percetakan Karena Pengaruh Model Pembelajaran CBL dan PBL Berbantuan Video Tutorial Pada Siswa XI Multimedia SMK Negeri 1 Gempol

RUHUL HARDIANA SARI

Abstrak


Kata Kunci : Challenge Based Learning;

Problem Based Learning, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar, Desain Grafis Percetakan

Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi belajar siswa, guru dituntut untuk mampu memahami berbagai faktor dan kondisi yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu pembelajaran, termasuk salah satu faktor adalah kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:

(1) Mendeskripsikan kemandirian Desain Grafis Percetakan pada kelompok yang menggunakan model pembelajaran Challenge Based Learning dan Problem Based Learning berbantuan video tutorial;

(2) Mendeskripsikan hasil belajar Desain Grafis Percetakan pada kelompok yang menggunakan model pembelajaran Challenge Based Learning dan Problem Based Learning berbantuan video tutorial;

(3) Mengungkap perbedaan yang signifikan pada kemandirian Desain Grafis Percetakan pada kelompok yang menggunakan model pembelajaran Challenge Based Learning dan Problem Based Learning berbantuan video tutorial pada siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Gempol;

(4) Mengungkap perbedaan yang signifikan pada hasil belajar Desain Grafis Percetakan pada kelompok yang menggunakan model pembelajaran Challenge Based Learning dan Problem Based Learning berbantuan video tutorial. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Variabel yang digunakan adalah variabel bebas yang berupa dua model pembelajaran yakni Challenge Based Learning diberikan pada kelas eksperimen A dan Problem Based Learning pada kelas eksperimen B, serta variabel terikat beru pa kemandirian belajar dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI MM 1 sebagai kelas Eksperimen A dan XI MM 2 sebagai kelas Eksperimen B di SMK Negeri 1 Gempol. Hasil kemandirian belajar siswa kelas XI MM 1 memiliki tingkat kemandirian belajar tinggi daripada kelas XI MM 2. Serta rata-rata hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan yaitu, kelas XI MM 1 sebesar 89, 2 dan kelas XI MM 2 sebesar 77,2. Hasil Uji-t menunjukkan bahwa kemandirian belajar memperoleh 0.008, hasil belajar siswa memperoleh 0.000. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa berdasarkan rata-rata yang diperoleh kela s eksperimen A lebih unggul dibandingkan eksperimen B dalam kemandirian belajar dan hasil belajarserta berdasarkan Uji-t yang diperoleh terdapat perbedaan kemandirian belajar dan hasil belajar antara kelas eksperimen A dan eksperimen B.