SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Prestasi Kajian Praktik Lapangan (KPL), Praktik Pembelajaran Mikro, Pengalaman Praktik Industri, Dan Kesiapan Mengajar Mahasiswa PTI Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang

WAHYU SETIAWAN

Abstrak


Kata Kunci : prestasi kajian praktik lapangan, praktik pembelajaran mikro, pengalaman praktik industri, kesiapan mengajar.

Calon tenaga pendidik harus memiliki kompetensi atau kemampuan dalam mengajar peserta didiknya dengan. Salah satu cara untuk melatih diri agar siap dalam mengajar adalah mengikuti praktik pembelajaran mikro. Faktor lain yang juga bepengaruh dalam kesiapan mengajar adalah pengalaman seseorang yang didapat setelah melakukan praktik industri. Berkaitan dengan hal tersebut maka dilakukan penelitian terkait tujuan untuk mengetahui:

(1) hubungan antara prestasi kajian praktik lapangan dan kesiapan mengajar;

(2) hubungan antara praktik pembelajaran mikro dan kesiapan mengajar;

(3) hubungan pengalaman praktik industri dan kesiapan mengajar;

(4) hubungan dari prestasi kajian praktik lapangan, praktik pembelajaran mikro, pengalaman praktik industri dan kesiapan mengajar.

Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa dan mahasiswi PTI angkatan tahun 2014 yang berjumlah 190 orang. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling untuk pengambilan sampel dan untuk menentukan jumlah sampel digunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael, sehingga mendapatkan hasil untuk jumlah sampel sebanyak 105 orang. Pengumpulan data dilakukan  dengan menyebar kuisioner. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:

(1) sebanyak 32%  mahasiswa mendapatkan nilai dalam kategori tinggi pada variabel prestasi KPL,

(2) sebanyak 33% mahasiswa hasil praktik pembelajaran mikro masuk dalam kategori tinggi,

(3) sebanyak 35% mahasiswa mendapat skor tinggi dalam angket pengalaman praktik industri, dan

(4) sebanyak 40% mahasiswa mendapat skor tinggi dalam angket kesiapan mengajar.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah

(1) terdapat hubungan antara prestasi kajian praktik lapangan dan kesiapan mengajar;

(2) terdapat hubungan antara praktik pembelajaran mikro dan kesiapan mengajar;

(3) terdapat hubungan antara pengalaman praktik industri dan kesiapan mengajar;

 

(4) terdapat hubungan antara prestasi kajian praktik lapangan, praktik pembelajaran mikro, pengalaman praktik industri dan kesiapan mengajar.