SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media PembelajaranSegitigaExposure BerbasisDesktop untukPembelajaranDesainGrafisPercetakanBermuatanCreative Problem SolvingpadaSiswaKelas XI Multimedia di SMK Negeri 10 Malang

ANANTHA YULLIAN SUKMADEWA

Abstrak


Kata Kunci: Media Pembelajaran, SegitigaExposure, Desktop.

Desain Grafis Percetakan adalah salah satu matapelajaran baru yang akan diterapkan pada SMK Negeri 10 Malang. Berdasarkanhasilobservasi yang dilakukan ditemukan bahwa pembelajaran masih berbasis pada guru. Media yang digunakan dalam proses pembelajaran masih berupa presentasi, PDF, dan penjelasan satu arah oleh guru. Keterbatasan alat juga menjadi penghambat siswa karena kurangnya waktu siswa untuk mengeksplorasi konsep segitiga exposure.Pengembangan media pembelajaran dirasa perlu agar dapat menjadi stimulus bagi siswa sebelum memegang kamera DSLR secara langsung.

Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan ADDIE yang memiliki langkah-langkah sebagai berikut:

(1) Analysis;

(2) Design;

(3) Development;

(4) Implementation;dan

(5) Evaluation.

 

Uji kelayakan produk dilakukan oleh dua ahli (guru dan dosen) dan siswa kelas XI Multimedia di SMK Negeri 10 Malang. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli guru mendapat persentase sebesar 92,14% dan hasil validasi oleh ahli dosen mendapat persentase sebesar 94,28%. Berdasarkan uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase sebesar 86,91% dan uji coba kelompok besar mendapatkan persentase sebesar 92,05%. Terdapat uji beda yang termasuk dalam tahap Implementation pada ADDIE. Hasil dari uji beda One Way ANOVA terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang menggunakan media pembelajaran dibandingkan yang tidak menggunakan media pembelajaran. Hasil data yang diperoleh dari serangkaian uji coba yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa keseluruhan produk media pembelajaran sangat valid dan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.