SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction (EI) dan Project Based Learning (PBL) dengan metode Ceramah Bermakna terhadap Prestasi Belajar Basis Data Siswa Kelas X SMK Telkom Sandhy Putra Malang

Asmala Izza Agustin

Abstrak


ABSTRAK

Agustin, Asmala Izza. 2010. Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction (EI) dan Project Based learning (PBL) dengan Metode Ceramah Bermakna terhadap Prestasi Belajar Basis Data Siswa Kelas X SMK Telkom Sandhy Putra Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ir. Syaad Patmanthara, M.Pd., (II) Yuni Rahmawati, S.T., M.T.

Kata Kunci:  prestasi belajar, Explicit Instruction, Project Based Learning, Basis Data.

Hingga saat ini situasi pembelajaran di kelas masih terfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan dan metode ceramah sebagai pilihan utama strategi dalam Proses Belajar Mengajar (PBM) di kelas. Situasi tersebut berdampak pada ketidakberminatan siswa terhadap PBM, hingga rendahnya prestasi belajar siswa. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di lokasi penelitian (SMK Telkom Sandhy Putra Malang) diperoleh data prestasi belajar dan rata-rata kelas yang sangat rendah pada mata pelajaran Basis Data kompetensi "Menerapkan Aplikasi Basis Data" terutama tiga Kompetensi Dasar (KD): (1) menformat data pada tabel, (2) menggunakan query, dan (3) mengolah objek query. Padahal ketidakmampuan siswa menguasai kompetensi tersebut akan mempersulit siswa untuk mempelajari materi/kompetensi lain sesudahnya yang saling berkaitan. 

Data kemampuan awal siswa kelas X di sekolah tersebut yang diperoleh dari nilai murni rata-rata ulangan harian mata pelajaran Basis Data menunjukkan bahwa dari 241 siswa masih terdapat 98 siswa yang tidak kompeten dan harus mengikuti ujian remidi untuk memperbaiki nilai. Dapat disimpulkan bahwa terdapat 40,66 % dari keseluruhan jumlah siswa yang masih belum kompeten. Bahkan pada kelas-kelas yang dijadikan sampel dalam penelitian ini, diperoleh nilai rata-rata kelas yang rendah, yaitu 68,13 di kelas X RPL 1 dan 68,68 di kelas X RPL 3. Untuk mengatasi permasalahan di atas, dalam penelitian ini diterapkan penggabungan dua model pembelajaran, yaitu Explicit Instruction (EI) dan Project Based Learning (PBL). Model-model ini dipilih karena karakteristiknya sesuai dengan karakteristik mata pelajaran Basis Data yang merupakan pengetahuan prosedural dan deklaratif serta bersifat aplikatif sesuai kondisi nyata.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan prestasi belajar (ranah kognitif dan psikomotorik) antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran EI dan PBL dengan siswa yang diajar menggunakan metode Ceramah Bermakna pada kompetensi "Menerapkan Aplikasi Basis Data". Rancangan penelitian ini adalah kuantitatif komparatif dengan menggunakan metode eksperimen semu (quasi experimental). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Telkom Sandhy Putra Malang semester 2 tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 241 siswa. Sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas X RPL 3 (40 siswa) sebagai kelas kontrol dan kelas X RPL 1 (40 siswa) sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling kelompok (kluster).

Variabel terikat dalam penelitian ini adalah prestasi belajar (ranah kognitif dan psikomotorik) siswa kelas X pada kompetensi "Menerapkan Aplikasi Basis Data" dan variabel bebasnya adalah model pembelajaran EI dan PBL serta metode Ceramah Bermakna. Instrumen penelitian ini yaitu instrumen perlakuan dan pengukuran. Instrumen perlakuan berupa perangkat pembelajaran. Instrumen pengukuran berupa instrumen soal ujian tulis, lembar tugas praktikum, dan lembar penugasan project. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik kuantitatif. Analisis stasistik kuantitatif untuk menganalisis data kemampuan awal siswa, prestasi belajar (ranah kognitif dan psikomotorik) siswa yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar (ranah kognitif dan psikomotorik) antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran EI dan PBL dengan siswa yang diajar dengan metode Ceramah Bermakna. Prestasi belajar (ranah kognitif dan psikomotorik) siswa yang diajar dengan model pembelajaran EI dan PBL lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan metode Ceramah Bermakna. Untuk prestasi belajar ranah kognitif, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen (86,18) lebih tinggi dai kelas kontrol (78,9) dengan selisih sebesar 7,28 poin. Standar Ketuntasan Belajar Minimum (SKM) di kelas eksperimen juga lebih tinggi (100%) dari kelas kontrol (85%). Sedangkan untuk prestasi belajar ranah psikomotorik, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen (86,93) lebih tinggi dai kelas kontrol (71,05) dengan selisih sebesar 15,88 poin. SKM di kelas eksperimen juga lebih tinggi (97,5%) dari kelas kontrol (57,5%). Sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran EI dan PBL dapat meningkatkan prestasi belajar (ranah kognitif dan psikomotorik) siswa pada kompetensi "Menerapkan Aplikasi Basis Data" secara efektif.