SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Self Efficacy dan Kapabilitas Pengetahuan Keteknikan dengan Technical Skill pada Siswa SMK Kelas 12 Kompetensi Keahlian RPL di Kota Malang

WARDANI ANDINI NURUL

Abstrak


ABSTRAK

Wardani, Andini Nurul. 2019. Hubungan antara self efficacy dan kapabilitas pengetahuan keteknikan dengan technical skill pada siswa SMK kelas XII kompetensi keahlian RPL di Kota Malang. Skripsi, Pendidikan Teknik Informatika (S1), Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Setiadi Cahyono Putro, M.Pd., M.T., pembimbing (II) Heru Wahyu Herwanto, S.T., M.Kom.

 

Kata Kunci: Self Efficacy, Kapabilitas Pengetahuan Keteknikan, Technical Skill.

SMK merupakan lembaga pendidikan nasional untuk mempersiapkan siswa menjadi tenaga kerja yang siap bersaing dalam dunia kerja. Siswa harus memiliki dan menguasai technical skill yang dibutuhkan untuk bekerja pada industri. Technical skill didukung oleh beberapa aspek seperti self efficacy dan kapabilitas pengetahuan keteknikan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk

(1) mendeskripsikan self efficacy (X1),

(2) mendeskripsikan kapabilitas pengetahuan keteknikan (X2),

(3) mendeskripsikan technical skill (Y) siswa kelas XII kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di Kota Malang,

(4) mengungkap signifikansi hubungan antara X1 dan Y,

(5) mengungkap signifikansi hubungan antara X2 dan Y, dan

(6) mengungkap signifikansi hubungan antara X1 dan X2 terhadap Y secara simultan.

Metode penelitian yang digunakan yaitu ex post facto dengan rancangan penelitian kuantitatif korelasional. Sampel penelitian ini adalah siswa SMKN kelas XII Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di Kota Malang sejumlah 119 responden. Untuk mengungkap adanya hubungan antara variabel X1 dengan Y maupun X2 dengan Y menggunakan analisis data korelasi parsial. Sedangkan untuk mengungkap hubungan X1 dan X2 secara simultan dengan Y menggunakan regresi ganda.

Hasil penelitian diketahui:

(1) kemampuan self efficacy pada kategori tinggi;

(2) kapabilitas pengetahuan keteknikan pada kategori sedang;

(3) technical skill dalam kategori sedang;

(4) koefisien korelasi parsial X1 dengan Y sebesar 0,214 (sig.: 0,020 < 0,05);

(5) koefisien korelasi parsial X2 dengan Y sebesar 0,322 (sig.: 0,000 < 0,05); dan

(6) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara X1dan X2 terhadap Y secara simultan.

Kesimpulan dari penelitian ini yaitu:

(1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara self efficacy dengan technical skill;

(2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kapabilitas pengetahuan keteknikan dengan technical skill;

 

(3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara self efficacy dan kapabilitas pengetahuan keteknikan secara simultan dengan technical skill siswa kelas XII kompetensi keahlian RPL di Kota Malang.