SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubugan Mastery Goal Orientation dan Interpersonal Awareness terhadap Kemampuan Menyesuaikan Diri di Dunia Kerja pada Siswa Kompetensi Keahlian TITL SMK Kota Malang

Tiesa Desinta Adjeng Widodo

Abstrak


Kata Kunci : Mastery Goal Orientation, Interpersonal Awareness, Kemampuan Menyesuaikan Diri di Dunia Kerja

Kemampuan menyesuaikan diri di dunia kerja merupakan kemampuan siswa untuk beradaptasi terhadap perubahan dari dunia sekolah ke dunia kerja serta menyelaraskan tuntutan yang ada dalam dirinya dengan tuntutan yang diharapkan oleh lingkungannya. Penelitian ini membahas beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan menyesuaikan diri di dunia kerja pada siswa kompetensi keahlian TITL SMK Kota Malang yaitu mastery goal orientation dan interpersonal awareness. Penelitian ini bertujuan untuk:

(1) mendeskripsikan mastery goal orientation (X1), interpersonal awareness (X2), kemampuan menyesuaikan diri di dunia kerja (Y);

(2) mengungkapkan signifikansi dan hubungan X1 dan Y;

(3) mengungkapkan signifikansi dan hubungan X2 dan Y; dan

(4) mengungkapkan signifikansi dan hubungan X1 dan X2 secara simultan dengan Y.

Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini meliputi siswa kompetensi keahlian TITL SMK Kota Malang yang telah melaksanakan Prakerin sebanyak tiga sekolah, berjumlah 129 siswa. Sampel penelitian sebanyak 129 siswa yang ditentukan dengan berpedoman pada sampling jenuh. Alat pengumpulan data berupa kuesioner yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Variabel , dan Y memiliki tingkat reliabiltas secara berurutan adalah 0,893, 0,865, dan 0,862. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi parsial dan regresi ganda, analisis uji prasyarat, dan analisis sumbangan efektif-relatif menggunakan bantuan SPSS.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa gambaran keseluruhan variabel  dengan katergori sangat tinggi sebanyak 87 responden (67,44%), tinggi sebanyak 42 responden (32,56%), sedang 0%, rendah 0%, dan sangat rendah 0%. Gambaran keseluruhan variabel  dengan katergori sangat tinggi sebanyak 83 responden (63,34%), tinggi sebanyak 43 responden (33,33%), sedang sebanyak 3 responden (2,33%), rendah 0%, dan sangat rendah 0%. Gambaran keseluruhan variabel Y dengan katergori sangat tinggi sebanyak 109 responden (84,50%), tinggi sebanyak 20 responden (15,50%), sedang 0%, rendah 0%, dan sangat rendah 0%. Kontribusinya terhadap kemampuan menyesuaikan diri di dunia kerja untuk sumbangan relatif  mastery goal orientation sebesar 65% dan sumbangan relatif interpersonal awareness sebesar 35%. Sumbangan efektif  mastery goal orientation sebesar 28,59% dan sumbangan efektif interpersonal awareness sebesar 15,11%.

Kesimpulan hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu

(1) X1, X2 dan Y dalam kategori sangat tinggi

 

(2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 dan Y, X2 dan Y dan X1 dan X2 secara simultan dengan Y.