SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Mobile Pada Matakuliah Sistem Operasi Bermuatan Probing Prompting Untuk Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang

VIRNASARI ERISSA

Abstrak


ABSTRAK

Virnasari, Erissa. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Mobile Pada Matakuliah Sistem Operasi Bermuatan Probing Prompting Untuk Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. Syaad Patmanthara S.Pd., M.Pd., (II) Dila Umnia Soraya S.Pd., M.Pd.

 

Kata kunci: Bahan Ajar, Sistem Operasi, Probing Prompting

Era digital memberikan berbagai inovasi baru dalam seluruh aspek kehidupan, salah satunya adalah bidang pendidikan. Penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan hendaknya harus memperhatikan karakter dari peserta didik yang akan menggunakannya. Di era ini peserta didik cenderung menggunakan smartphone dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan kepada mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika 2016 diketahui bahwa sebesar 85% mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami materi Sistem Operasi. Hal ini dikarenakan bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran masih menggunakan buku cetak sebagai sumber belajar dengan berbantuan media berupa powerpoint. Penggunaan bahan ajar tersebut membuat mahasiswa menjadi kurang tertarik dalam mempelajari materi karena konten dalam buku cetak berisfat monoton, dimana hanya tersedia teks dan gambar, sehingga bahan ajar berbasis mobile dapat menjadi salah satu alternatif bahan ajar pada matakuliah Sistem Operasi. Selain itu dalam proses pembelajaran Sistem Operasi saat ini menggunakan metode ceramah sehingga mahasiswa cenderung pasif. Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan sebuah variasi model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik matakuliah Sistem Operasi. Berdasarkan kajian diatas, bahan ajar yang dikembangkan menggunakan model pembelajaran probing prompting diharapkan dapat menjadi bahan ajar alternative dalam proses pembelajaran Sistem Operasi. Tujuan penelitian ini adalah merancang, mengembangankan, dan menguji kelayakan, aplikasi bahan ajar Sistem Operasi (Sisop) sebagai bahan ajar berbasis mobile pada matakuliah Sistem Operasi.

Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yang meliputi:

(1) Analysis;

(2) Design;

(3) Development;

(4) Implementation;

(5) Evaluation.

Uji kelayakan penelitian pengembangan dilakukan oleh Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang yang sedang atau telah menempuh matakulian Sistem Operasi.

Berdasarkan uji validasi materi oleh ahli diperoleh persentase sebesar 91,67%, validasi media oleh ahli diperoleh persentase sebesar 90,22%. Berdasarkan data hasil validasi bahan ajar dinyatakan sangat valid untuk dilakukan uji coba.  Pada tahap uji coba diperoleh persentase responden one to one sebesar 85,07%, uji coba kelompok kecil sebesar 87,15% dan uji coba lapangan yang dilakukan oleh 30 mahasiswa sebesar 90,18%. Berdasarkan kriteria validitas, maka bahan ajar Sisop berbasis mobile bermuatan probing promting pada matakuliah Sistem Operasi termasuk dalam kategori sangat valid dan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.