SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

IMPLEMENTASI K-NEAREST NEIGHBOR UNTUK PENGKLASIFIKASIAN BUAH NAGA MERAH (HYLOCEREUS COSTARICENSIS) BERDASARKAN FITUR WARNA

M. Fajar Bina Nugroho

Abstrak


ABSTRAK

M.Fajar Bina Nugroho. 2018. implementasi k-nearest neighbor untuk pengklasifikasian buah naga merah(hylocereus costaricensis)berdasarkan fitur warna.Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Heru Wahyu Herwanto, S.T., M.Kom (II) Ilham Ari Elbaith Zaeni, S.T., M.T., Ph.D.

Kata Kunci :Buah Naga Merah,K -Nearest Neighbor  (KNN),Identifikasi Kematangan, Pengolahan Citra.

Identifikasi kematangan buah naga merah dikalangan masyarakat dengan menggunakan cara konvesional menimbulkan beberapa permasalahan diantaranyahasil akurasi kematangan yang kurang akurat. Hal ini disebabkan adanya sifat subyektif dalam pemilihan atau menentukan kematangan buah naga merah. Penelitian ini diterapkan pada hylocereus costaricensis (buah naga merah) dengan melakukan identifikasi warna dan bentuk berdasarkan data citra digital dari buah naga merah. Buah naga yang belum matang memiliki isi daging buah yang lunak dan hambar, sehingga dapat merugikan masyarakat yang mengkonsumsinya dan yang melakukan pendistribusian buah ke berbagai daerah.Penelitian ini menggunakan algoritma K - Nearest Neighbor  (KNN) yang akan diterapkan didalam sistem informasi dengan objek penelitian yaitu data citra digital buah naga merah di desa buah naga purwoharjo, Banyuwangi. Didalam penelitian dilakukan pengambilan data citra digital dari masing masing tingkat kematangan yang berbeda yaitu tingkat kematangan 30%, 55%, 75% dan 95%. Masing - masing sampel citra digitalakan diklasifikasiberdasarkan tingkat kematanganbuah naga yang telah ditentukan.Uji coba ini akan dilakukan dengan mencari akurasi klasifikasi dari setiap jumlah data yang dibagi menjadi datatraining dan data testing. Kemudian menentukan rata – ratajarak dari semua uji coba berdasarkan klasifikasi yang telah dilakukan di dalam data testing sehingga dapat digunakan titik acuan pada penelitian tersebut untuk mengidentifikasi sebuah kematangan buah naga hylocereus costaricensis.