SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Trainer Sortir Otomatis Dengan Robot Lengan Berdasarkan Berat Benda Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sensor dan Aktuator Program Keahlian Teknik Otomasi Industri Kelas XI di SMKN 1 Kediri

Yulian Budi Hermawan

Abstrak


Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di SMKN 1 Kediri, diketahui bahwa  pengenalan mengenai karakteristik dan spesifikasi piranti sensor dan aktuator dengan bantuan media slide presentasi. Pengamatan mengenai karakteristik sensor menggunakan multimeter dengan berbantuan project board. Ketersediaan piranti sensor dan aktuator yang lebih spesifik cukup memadai namun penggunaannya masih belum dimaksimalkan karena belum adanya media pembelajaran yang mendukung untuk sensor dan aktuator tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka, trainer sortir otomatis dengan robot lengan berdasarkan berat benda dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk trainer dan jobsheet serta memberikan pemahaman kepada siswa mengenai komponen sensor dan aktuator.

Model penelitian pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model Sugiyono. Adapun langkah penelitian dan pengembangan sebagai berikut:

(1) Potensi dan Masalah, dilakukan dengan kegiatan observasi;

(2) Pengumpulan Data, mengumpulkan informasi penunjang penelitian pengembangan;

(3) Desain Produk, membuat desain untuk produk yang akan dikembangkan;

(4) Validasi Desain, mengetahui kualitas dari produk yang telah dikembangkan;

(5) Revisi Desain, perbaikan produk setelah dilakukan validasi;

(6) Uji Coba Produk, pengujian terhadap produk pada kelompok kecil;

(7) Revisi Produk, perbaikan produk apabila ada kekurangan;

(8) Uji Coba Pemakaian, pengujian produk pada kelompok besar;

(9) Revisi Produk, perbaikan untuk penyempurnaan produk;

(10) Produk Akhir, hasil akhir dari produk pengembangan.

 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, produk yang dihasilkan telah di validasi oleh ahli 1, ahli 2, dan ahli 3 serta diujicobakan kepada siswa Teknik Otomasi Industri kelas XI di SMKN 1 Kediri. Hasil validasi didapatkan rata-rata persentase sebesar 94.76% dengan kategori kelayakan “sangat layak”. Hasil uji coba produk didapatkan persentase sebesar 87.88% dengan kategori kelayakan “sangat layak”. Hasil belajar siswa didapatkan skor rata-rata sebesar 89.27 yang dinyatakan dengan predikat A- dengan kriteria “sangat kompeten”. Dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa trainer sortir otomatis dengan robot lengan berdasarkan berat benda layak digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran sensor dan aktuator program keahlian Teknik Otomasi Industri.