SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Keaktifan Kegiatan dalam Organisasi di Kampus dan Keterampilan Bekerjasama dengan Kompetensi Sosial Calon Guru pada Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro FT UM

Eri Prastia Sari

Abstrak


Guru merupakan suatu profesi yang dituntut untuk memiliki standar kompetensi. Kompetensi sosial merupakan salah satu kompetensi utama dari keempat kompetensi yang harus dimiliki oleh guru. Kompetensi sosial penting dimiliki mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro (PTE) dan S1 Pendidikan teknik Informatika (PTI) sebagai calon guru. Beberapa cara yang dapat mempengaruhi kompetensi sosial calon guru  adalah keaktifan kegiatan dalam organisasi di kampus dan keterampilan bekerjasama.

Penelitian ini bertujuan untuk:

(1) mendeskripsikan keaktifan kegiatan dalam organisasi di kampus (X1), keterampilan bekerjasama (X2), dan kompetensi sosial calon guru (Y)

(2) mengungkap signifikansi dan hubungan antara X1 dan Y

(3) mengungkap signifikansi hubungan antara X2 dan Y

(4) mengungkap signifikansi hubungan antara X1 dan X2 secara simultan dengan Y.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa S1 PTE dan S1 PTI FT UM yang mengikuti organisasi di kampus sejumlah 93 mahasiswa angkatan 2016. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Data yang diperoleh diuji dengan uji korelasi parsial dan uji hipotesis untuk mengungkapkan hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat baik secara parsial maupun secara simultan. Untuk mengukur variabel X1, X2 dan Y menggunakan instrumen penelitian berupa angket. Variabel X1, X2 dan Y memiliki tingkat reliabilitas secara berurutan adalah 0,859, 0,773 dan 0,818. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi parsial dan regresi ganda, analisis uji prasyarat, dan analisis sumbangan efektif-relatif menggunakan bantuan SPSS.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu

(1) X1 dalam kategori cenderung tinggi, X2 dalam kategori cenderung rendah dan Y dalam kategori cukup

 

(2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 dan Y, X2 dan Y, X1 dan X2 secara simultan dengan Y. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin tinggi tingkat keaktifan kegiatan dalam organisasi di kampus dan tingkat keterampilan bekerjasama, maka kompetensi sosial akan semakin tinggi juga.