SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Digital EPUB Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Bermuatan Critical Thinking and Problem Solving untuk Memberi Pemahaman Konsep Siswa Kelas X TOI SMK Negeri 1 Kediri

Nadzifa Kamilia Nada

Abstrak


Modul digital merupakan penyajian modul dalam format elektronik. EPUB(electronic publication) merupakan sebuah publikasi yang terdiri dari teks,gambar, video, animasi maupun suara dan dipublikasikan dalam bentuk digital yang  dapat dibaca diberbagai perangkat elektronik seperti komputer,laptop, dan smartphone.Modul digital EPUB yang akan dikembangkan merupakan materi pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika (DLE) Semester Gasal. Berdasarkan observasi pada guru pengampu Mata Pelajaran DLE kelas X TOI SMK Negeri 1 Kediri terdapat beberapa masalah dalam pembelajaran. Pertama, pembelajaran menggunakan buku cetak lama yang isinya belum sesuai standar Kurikulum 2013. Kedua, dalam proses pembelajaran guru menggunakan slide presentasi yang berfungsi sebagai media sekaligus sumber belajar. Ketiga, belum ada bahan ajar digital yang digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran di kelas dan kegiatan belajar mandiri siswa. Permasalahan tersebut perlu diatasi salah satunya denganpengembangan bahan ajar berupa modul digital. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah merancang, mengembangkan, menguji kelayakan dan memberi pemahaman konsep modul digital EPUB pada Mata Pelajaran DLE bermuatan critical thinking and problem solving untuk siswa kelas X TOI SMKN 1 Kediri.

Modul digital EPUB dikembangkan menggunakan model peenelitian dan pengembangan menurut Sugiyono. Terdapat sepuluh langkah dalam pengembangannya. Sepuluh langkah model Sugiyono adalah:

(1) potensi dan masalah,

(2) pengumpulan data,

(3) desain produk yang berisi menentukan materi pokok dan membuat struktur menu modul digital,

(4)validasi desain dilakukan kepada tiga ahli,

(5)perbaikan desain,

(6) uji coba produk dilakukan kepada 10 siswa,

(7) perbaikan produk,

(8) uji coba pemakaian dilakukan melalui uji pemahaman konsep kepada pada 24 siswa,

(9) perbaikan produk,

(10) produksi masal.

 

Produk yang dihasilkannberupa modul digital dengan ekstensi .epub. Produk telah divalidasi oleh tiga ahli dan diuji coba. Uji coba produk pada 10 siswa kelas X TOI dan uji coba pemakaian pada 24 siswa kelas X TOI. Hasil validasi ahli sebesar 91,74%. Hasil uji coba produk sebesar 90,56%, uji coba pemakaian sebesar 90,68%, dan nilai uji pemahaman konsep sebesar 88,7. Berdasarkan hasil tersebut maka modul layak dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran DLE untukmemberi pemahaman konsep pada siswa kelas X TOI.