SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Game sebagai Media Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Perakitan Komputer Kelas X di Jurusan Multimedia SMKN 5 Malang

GESTA WAHYU SASONGKO

Abstrak


ABSTRAK

 

Sasongko, Gesta Wahyu. 2017. Pengembangan Game sebagai Media Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Perakitan Komputer Kelas X di Jurusan Multimedia SMKN 5 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.Hary Suswanto, S.T., M.T. (II) Didik Dwi Prasetya, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: media,game, media evaluasi, perakitan komputer.

 

Penelitian dan pengembangan ini didasari oleh belum tersedianya sarana media evaluasi pembelajaran. Kebanyakan siswa merasa gugup saat melaksanakan evaluasi pembelajaran dikarenakan tidak adanya media yang menarik dan menyenangkan untuk menunjang evaluasi pembelajaran mengakibatkan evaluasi menjadi hal yang ditakuti atau membuat siswa menjadi gugup.

Model pengembangansistemmengadopsi model ADDIE. Terdapatlimatahapanpentindalam model ADDIE, yaitu: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Media GameEvaluasi ini menyediakan fitur kuis dan juga dilengkapi dengan permainan yang dapat digunakan sebagai penyegaran saat proses pembelajaran.

Validasi media game evaluasi pembelajarandilakukanolehahli media danahlimateri, ujiskalakecildanujiskalaluas. Hasilnilai rata-rata validasi media olehahlimedia danahlimaterisebesar 95,24%, nilai rata-rata validasimedia ujiskalakecilsebesar 92,8%, dannilai rata-rata validasi media ujiskalaluassebesar 91,60%. Dari hasil yang diperolehmenunjukkanbahwa media game evaluasi pembelajaran yang dikembangkan valid danlayakdigunakansebagai media dalam proses evaluasi pembelajaran.Ujilapanganoperasionaldilakukan di kelasX MM 2 SMKN 5 Malang selamaempat kali pertemuandengan proses belajarmenggunakan media pembelajarangame evaluasi.

Padahasilbelajarsiswamenunjukkanpeningkatannilai rata-rata daripre testkepost testoleh 36siswa, dengannilai rata-rata pre testadalah 33,15dannilai rata-rata post testadalah 78,31. Hal inimenunjukkanbahwa media game evaluasi pembelajaranyang dikembangkanefisiendigunakandalam proses pembelajarandan evaluasi padamatapelajaran Perakitan Komputer.